Rabu 24 Apr 2013 17:37 WIB

Presiden Minta BUMN Aktif Ekspansi ke Myanmar

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID, BRUNEI--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerukan agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan ekspansi usaha ke Myanmar. Langkah itu perlu segara diwujudkan agar tidak ketinggalan dengan negara-negara lainnya.

"Saya dukung penuh swasta Indonesia aktif untuk memperoleh peluang baru utamanya bidang investasi di negeri tercinta ini (Myanmar). Pak Dubes dan para menteri semua dari Jakarta dan para pimpinan dari BUMN saya kira lebih dari pantas kalau saudara-saudara juga ikut mencari peluang usaha di negeri Myanmar," kata Presiden, Rabu (24/4).

Presiden menegaskan itu saat bertemu dengan Kerukunan Masyarakat Indonesia di Myanmar, di ibu kota Naypyidaw, Rabu pagi, sebelum bertolak menuju Brunei Darussalam.

Presiden Yudhoyono juga mengatakan, dalam pertemuan dengan Presiden Myanmar U Thein Sein pada Selasa (23/4), ia menyampaikan agar perusahaan swasta Indonesia serta BUMN diberikan dukungan dalam berinvestasi di negeri itu.

Ia idak ingin BUMN kalah lincah dengan perusahaan dari negara-negara lain dalam berinvestasi di Myanmar.

Sampai sejauh ini, menurut laporan baru terdapat 12 perusahaan Indonesia yang berinvestasi di negara itu dengan nilai investasi 250 juta dolar AS. Angkai itu tentu saja masih dapat ditingkatkan lebih besar lagi, mengingat Myanmar kini tengah dalam pembangunan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِاٰيٰتِ رَبِّهٖ فَاَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُۗ اِنَّا جَعَلْنَا عَلٰى قُلُوْبِهِمْ اَكِنَّةً اَنْ يَّفْقَهُوْهُ وَفِيْٓ اٰذَانِهِمْ وَقْرًاۗ وَاِنْ تَدْعُهُمْ اِلَى الْهُدٰى فَلَنْ يَّهْتَدُوْٓا اِذًا اَبَدًا
Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, lalu dia berpaling darinya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sungguh, Kami telah menjadikan hati mereka tertutup, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka. Kendatipun engkau (Muhammad) menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk untuk selama-lamanya.

(QS. Al-Kahf ayat 57)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement