Senin 03 Jun 2013 06:30 WIB

PT KAI Tambah Rangkaian Akhir Pekan

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Fernan Rahadi
PT KAI
PT KAI

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Di waktu liburan sekolah ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 8 Gubeng, Surabaya hanya memaksimalkan rangkaian pada akhir pekan. Sebab, ketersediaan tempat duduk dinilai masih normal.

Manajer Humas PT KAI Daop 8, Sumarsono mengatakan, meski terhitung memasuki tanggal liburan sekolah, namun jumlah penumpang pengguna kereta api belum meningkat signifikan. Kecuali tiga hari menjelang akhir pekan seperti Jumat, Sabtu, Ahad.

"Kami memfungsikan 11 gerbong kereta untuk waktu tersebut, karena penumpang cenderung bertambah," kata Sumarsono pada Republika di kantornya, Senin (3/6).

Menurut data yang dihimpunnya, meski ada penambahan rangkaian, namun jumlah penumpang jasa kereta api relatif normal. Dia menambahkan, justru persiapan lebaran yang harus diantisipasi, karena banyak tiket yang sudah habis terbeli untuk mudik nanti.

Dia menyebutkan, untuk tiket kereta ekonomi jurusan Jakarta dan Bandung, pemesanan sejak H-1 hingga H+10 ludes dipesan warga. Sedangkan eksekutif, hanya KA Kajayan dan Bima yang dinyatakan penuh, selebihnya masih banyak yang kosong.

"Untuk itu, kami menyiapkan 6 kereta tambahan dari Surabaya ke Jakarta, Bandung dan Jogja," ujarnya.

Keenam kereta tersebut adalah untuk ekonomi, KA Mataramaja dan Kertaja. Kelas bisnis diisi KA Sancaka, lalu eksekutif disediakan KA Sancaka, Gajahyana dan Gumarang. Pemesanana tiket pun sudah bisa dilakukan sejak Sabtu (1/6) kemarin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement