Sabtu 08 Jun 2013 21:41 WIB

Pengunjung PRJ Keluhkan Mahalnya Tarif Parkir Motor

Red: M Irwan Ariefyanto
Pertunjukan kembang api mewarnai pembukaan hari pertama Jakarta Fair di area Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (6/6).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pertunjukan kembang api mewarnai pembukaan hari pertama Jakarta Fair di area Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (6/6).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Meski hujan rintik-rintik, hari ini warga Jakarta dan sekitarnya berbondong - bondong mendatangi arena "Jakarta Fair 2013" di Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran.

Dari pantauan Sabtu (8/6) malam, ribuan pengunjung memadati semua area Jakarta Fair di PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat. Banyak yang berbelanja, menikmati kuliner, atau hanya sekadar melihat-lihat saja.

Dibalik gegap-gempita meriahnya acara tersebut, sebagian pengunjung mengeluhkan pelayanan parkir yang tarifnya tergolong mahal. Pengunjung menilai tarif parkir motor Rp 10.000 sungguh memberatkan masyarakat kalangan menengah ke bawah. "Ketika disuruh bayar Rp10.000 waktu masuk tadi, saya kaget banget. Padahal di karcis motor ditulis Rp 8.000," kata seorang pengunjung, Aini.

Keluhan juga dirasakan pengunjung lain, padahal pameran tahunan ini merupakan ajang untuk semua kalangan masyarakat. "Ya, mahal itu karcis motornya, kan ini pesta rakyat, harusnya sesuai, misalnya sekitar Rp 2.000 - Rp 3.000 sajalah," ujar pengunjung dari Cempaka Putih, Andri, di area parkir motor PRJ.

Andri yang mengaku tiap tahun mengunjungi pameran tersebut mengaku kaget saat parkir motor dikenakan tarif Rp 10 ribu. "Tahun sebelumnya, seingat saya, tarif parkir tahun lalu tak sampai sebesar itu," kata dia.

Pengunjung asal Pasar Minggu, Indah, juga menilai tarif parkir pameran kali ini tergolong tinggi kalau dibandingkan dengan di Mall atau pusat perbelanjaan. "Warga yang berkunjung ke PRJ paling hanya di sini hanya dua hingga tiga jam," kata dia.

Kurangnya pelayanan kepada pengunjung juga dirasakan Agus, yang datang dari Cibubur. Ia menilai lahan parkir yang ada sekarang ini kurang memadai.

"Tempat parkirnya juga penuh. Sebaiknya petugas parkir diperbanyak untuk jaga helm. Kalau bisa dipermurah hiburan rakyatnya," kata Agus yang datang bersama keluarganya.

Pameran Jakarta Fair 2013 diselenggarakan dari 6 Juni-7 Juli 2013. Acara ini diadakan di areal PRJ Kemayoran dibuka mulai pukul 15.30 hingga 22.00 WIB (Senin-Kamis), pukul 15.30 hingga 23.00 WIB (Jumat) dan pukul 10.00 hingga 23.00 WIB (Sabtu-Minggu).

Harga tiket untuk hari Senin-Jumat Rp 25 ribu, sedangkan hari Sabtu-Minggu serta hari libur Rp 30 ribu per pengunjung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement