Selasa 11 Jun 2013 19:34 WIB

Jakarta Gelar Karnaval Keraton Agung

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Dewi Mardiani
Kawasan Monas di Jakarta
Foto: Antara/Wahyu Putro
Kawasan Monas di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menyelenggarakan Festival Keraton Agung Nusantara pada Desember 2013 mendatang. Selain kirab keluarga kerajaan, akan ada serangkaian acara berupa pameran benda pusaka, senjata pusaka, pakaian kebesaran, kuliner, pementasan seni tari tradisional.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Ari Budiman, mengatakan seluruh keluarga kerajaan akan diundang ke acara tersebut. "Keluarga raja adalah terah langsung bukan staf atau orang yang bekerja di kerajaan tersebut," ujarnya, Selasa (11/6).

Kegiatan pameran dan seminar nantinya akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) dan Taman Ismail Marzuki. Sedangkan untuk karnaval rencananya akan berlangsung di sekitar Monas. Karena kirab biasanya diselenggarakan di area terbuka.

Kegiatan ini merupakan gagasan dari Gubernur DKI Jakarta. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan hanya sebagai mediator antara Forum Silaturahmi Keraton Nusantara. Pemprov akan memfasilitasi kerajaan yang datang berupa akomodasi, transportasi, dan konsumsi.

Rencananya anggaran yang digunakan bersumber dari APBD perubahan. "Sedang kita kalkulasi, kita sedang menunggu laporan dari forum tadi siapa saja pesertanya," ujarnya. Dengan digelarnya kegiatan ini pihaknya berharap dapat meningkatkan jumlah wisatawan asing dan lokal ke DKI Jakarta. Ari memperkirakan jumlah pengunjung yang datang akan mencapai satu juta orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement