Sabtu 22 Jun 2013 15:31 WIB

Panggung A,mbruk 46 Orang Terluka

Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,MADIUN--Jumlah korban luka peristiwa ambruknya panggung untuk pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur IV tahun 2013 di Stadion Wilis Kota Madiun, sebanyak 46 orang dengan beberapa di antaranya mengalami luka berat.

Data yang dihimpun wartawan di Madiun menyebutkan seluruh korban dirujuk menuju dua rumah sakit setempat, masing-masing 15 orang di RSUD Kota Madiun dan 31 korban lainnya di rumah sakit provinsi RSUD Dr Soedono di Madiun.

Kepala Bidang pelayanan RSUD Kota Madiun Tri Marhaendra menjelaskan bahwa satu dari 15 orang korban yang masuk mengalami luka cukup parah, yakni patah tulang belakang dan harus menjalani operasi. "Sementara 14 orang korban luka ringan diperbolehkan pulang setelah mendapatkan perawatan," katanya.

Secara terpisah, Kepada Unit Gawat Darurat RSUD dr Soedono Madiun Nanang Budi Waluyo mengatakan bahwa dari 31 orang korban yang dirujuk untuk mendapatkan perawatan, itu terdapat lima orang yang menderita patah tulang. "Tim medis telah melakukan tindakan operasi kepada lima korban yang mengalami patah tulang," ujar Nanang.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung yang mengunjungi para korban di RSUD dr Soedono mengatakan seluruh biaya perawatan mereka ditanggung sepenuhnya oleh Panitia Besar Porprov Jatim.

"Semua biaya ditanggung. Pembangunan panggung diserahkan ke panitia lokal (Sub-PB Porprov) dan mereka yang menunjuk kontraktor untuk pengerjaannya. Nanti akan diselidiki penyebab ambruknya panggung tersebut," katanya.

Peristiwa ambruknya panggung untuk acara pembukaan Porprov Jatim terjadi sekitar pukul 10.30 WIB, sesaat setelah kegiatan gladi bersih yang diikuti ratusan pelajar SMA/SMK Kota Madiun yang menjadi anggota paduan suara.

Panggung yang rencananya digunakan untuk pertunjukan hiburan dan konser grup musik The Rock Indonesia Ahmad Dhani (TRIAD) itu ambruk, karena tidak kuat menahan beban ratusan pelajar yang berada di atasnya.

Saat ini, PB Porprov dan panitia lokal mengerahkan puluhan pekerja untuk mengebut perbaikan panggung agar bisa digunakan untuk acara pembukaan yang dijadwalkan pada pukul 19.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement