Selasa 02 Jul 2013 03:07 WIB

Ini Dia Perancang Kostum Unik Jokowi

Rep: Nina Chairani/ Red: Endah Hapsari
Jokowi diarak masyarakat di jakarnaval
Foto: Maman Sudiaman
Jokowi diarak masyarakat di jakarnaval

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ajang Jakarnaval digelar, ada satu hal yang menarik perhatian. Ketika itu Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi mengenakan kostum yang unik.

Jokowi mengenakan atasan berupa kaos lengan panjang berwarna merah, kemudian pada bagian luarnya dilapis dengan rompi berwarna keemasan. Lalu, pada bagian kedua lengan dilapis dengan penutup berbahan anyaman. Sedangkan busana bawahannya, Jokowi mengenakan kain corak kotak-kotak berwarna merah dan hitam, serta sepasang sandal berbahan kulit berwarna cokelat muda.

Aksesoris yang paling menarik perhatian, yaitu penutup kepala yang dikenakan oleh Jokowi, yakni sebuah topi yang cukup tinggi berbahan tikar atau anyaman dengan taburan manik-manik pada bagian depannya. 

Ternyata, Heru Mataya, konsultan Jakarnaval dari Solo, perancang kostum itu adalah desainer dari Rumah Karnaval Indonesia. Menurut dia, kostum untuk Jokowi itu sudah lama ada. ''Bukan pakaian kebesaran apa-apa, tapi itu pakaian pengembangan dari ide ondel-ondel yang tampak pada mahkota yang dipakai beliau. Mahkota tersebut dibuat dari bahan-bahan alam goni, wareng, serat pandan, rotan, dll,'' ujar Heru. Sedangkan orang yang merancang mahkotanya adalah pria bernama Arif Tuep. 

Saat ditanya soal kostum yang digunakan, Jokowi sendiri mengaku hanya memberikan gambaran kepada desainer. "Ya saya bukan desainer. Kira-kira ide saya seperti ini, kemudian muncul baju ini. Ini kostum karnaval," ujarnya seperti dilansir situs beritajakarta

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement