Senin 15 Jul 2013 23:11 WIB

Calon Jamaah Haji DIY Terbagi Dalam 7,5 Kloter

Rep: Yulianingsih/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Calon jamaah haji Indonesia siap berangkat ke Tanah Suci (ilustrasi).
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Calon jamaah haji Indonesia siap berangkat ke Tanah Suci (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Calon jamaah haji dari DIY yang berangkat 2014 ini akan terbagi dalam 7,5 kelompok terbang (kloter). "Saat ini kita tengah melakukan pembentukan Kloter. Calon jamaah kita kumpulkan di kabupaten/kota untuk pembagian tersebut," kata Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) DIY, Maskul Haji, Senin (15/7).

Jumlah calon jamaah haji dari DIY yang akan berangkat tahun ini sebanyak 2.678 orang. Jumlah itu berkurang dari jumlah sebelumnya yang mencapai 3.061 orang.

Pengurangan jamaah haji DIY sebanyak 20 persen akibat pemotongan kuota oleh pemerintah Arab Saudi. Jadi ada 383 jamaah haji DIY yang ditunda keberangkatannya tahun ini.

"Itu adalah jamaah nomor urut terakhir dan mendapat prioritas pada 2014 mendatang," tambahnya.

Para calon jamaah haji yang ditunda keberangkatannya tersebut sudah dikumpulkan dan diberi pengertian. "Kita imbau untuk bersabar, dan mereka bisa mengerti," katanya.

Sedangkan jamaah haji yang akan berangkat tahun ini masuk asrama haji tanggal 9 September dan pemberangkatan tanggal 10 September melalui Bandara Adi Sumarmo, Solo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement