Kamis 12 Sep 2013 02:11 WIB

Aerobik Ampuh Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

Red: Yudha Manggala P Putra
Aerobik. Ilustrasi.
Foto: theguardian.co.uk
Aerobik. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senam aerobik merupakan salah satu cara ampuh untuk membantu menurunkan kadar kolersterol jahat dalam tubuh manusia.

Hal ini diungkapkan pakar metabolik dan endokrinologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Em Yunir pada diskusi mengenai pengendalian kolesterol di Jakarta, Rabu (12/9).

"Gerakan teratur dari aerobik ampuh membantu menurunkan kadar kadar kolesterol jenis LDL dalam tubuh, karena banyak lemak yang terbakar dengan gerakan yang teratur," kata Yunir.

Menurut Kepala Divisi Metabolik dan Endokrinologi Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI itu, kolesterol jenis LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat karena LDL dianggap sebagai faktor utama penyebab serangan jantung.

Kadar LDL yang tinggi dapat menyusup dan menumpuk di dalam pembuluh darah yang dapat menyumbat saluran pembuluh darah ke jantung atau pun yang menuju ke otak.

Lebih lanjut Yunir menjelaskan bahwa senam aerobik juga terbukti mampu memperbaiki resistensi insulin akibat kadar LDL yang tinggi.

"Hormon tertentu yang diproduksi pada saat kita bergerak teratur, mampu memperbaiki sensor reseptor insulin sehingga menjadi lebih baik," kata Yunir.

Namun proses ini hanya berlaku bila seseorang rutin melakukan senam aerobik dalam kurun waktu 2 x 24 jam, atau dua hari sekali. Menurut Yunir hal ini disebabkan hormon yang mendeteksi gerakan teratur ini baru terstimulasi untuk berproduksi dalam kurun waktu 2 x 24 jam.

"Kalau enggan melakukan aerobik, jalan sebanyak 10 ribu langkah per hari juga bisa menjadi pilihan," imbuh Yuni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement