Jumat 20 Sep 2013 04:47 WIB

Wow, Jokowi Undang Kerajaan Inggris di Festival Keraton

Red: Endah Hapsari
Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Prayogi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kedatangan Pangeran Andrew ke Indonesia selama 3 hari, dimanfaatkan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, untuk mengundang kerajaan Inggris dalam Festival Keraton Dunia atau World Royal Heritage Festival yang akan diadakan pada 5-8 Desember 2013 mendatang di Monas, Jakarta Pusat.

Dikatakan Jokowi, pihaknya memang berencana mengundang kerajaan-kerajaan di seluruh dunia. Untuk itu secara lisan melalui Pangeran Andrew, dirinya ingin mengundang keluarga kerajaan Inggris. "Pertama kita ingin mengundang keluarga kerajaan untuk datang bulan Desember nanti tanggal 5-8 dalam acara Festival Keraton Dunia atau World Royal Heritage Festival," ujar Jokowi di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta Selatan, sepertii dilansir situs beritajakarta.

Sebagai penghormatan, lanjut Jokowi, undangan untuk Kerajaan Inggris akan menggunakan surat model zaman klasik. "Tadi kita ceritakan dulu ke dia soal acara ini. Nanti pakai surat undangan khusus, pakai surat undangan yang zaman dulu digulung-gulung. Dia juga surprise tadi," kata Jokowi.

Jokowi sangat berharap agar keluarga kerajaan Inggris mau berpartisipasi dalam kegiatan ini. Bahkan disampaikan juga permintaan khusus, agar membawa pengawal kerajaan khas Inggris. "Mereka akan kirim perwakilan tapi untuk siapa yang datang belum bisa menjawab sekarang. Tapi intinya akan mengirim. Yang kita minta itu, selain keluarga juga penjaga kerajaan, penjaga (istana) Buckingham," ujarnya.

Dikatakan Jokowi penyelenggaraan festival ini untuk menunjukkan kepada dunia tentang khasanah kerajaan dan adat di Indonesia, selain juga untuk mempromosikan ibu kota Jakarta. Sebanyak 130 keraton yang tersebar di Indonesia juga akan mengikuti kegiatan ini. "Makin banyak makin baik. Kita ingin menunjukkan di Indonesia ada potensi besar yaitu 130 keraton pemangku adat di Indonesia, sekaligus ini membangun brand," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement