Rabu 25 Sep 2013 16:58 WIB

Agar Gigi Bayi Sempurna, Konsumsi 5 Hal Ini

Red: Endah Hapsari
Gigi bayi
Foto: lifestylehealths.com
Gigi bayi

REPUBLIKA.CO.ID, Berikut ini adalah beberapa mineral dan vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil dan menyusui agar pembentukan gigi pada janin sempurna: 

a. Kalsium 

Kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi. Orang dewasa memerlukan kalsium sebesar 800 mg setiap hari. Wanita hamil dan menyusui memerlukan jumlah lebih besar yaitu masing-masing sebesar 1500 mg bagi wanita hamil dan 2000 mg bagi wanita menyusui setiap hari. Kalsium bisa diperoleh dari susu sapi, keju, sayur berdaun hijau, dan kerang. 

 

b. Fosfor 

Seperti halnya kalsium, fosfor diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi. Kebutuhan fosfor sebanyak satu setengah kali kebutuhan kalsium setiap harinya. Fosfor bisa diperoleh dari susu sapi, telur, daging, ikan, hati, dan kacang-kacangan. 

 

c. Flour 

Penelitian pada manusia menunjukkan bahwa gigi anak-anak dari ibu yang mendapat flour yang mencukupi selama kehamilan terlihat lebih tahan terhadap karies. Flour terdapat dalam air tanah, sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, daging, ikan teri, dan teh. Kebutuhan flour untuk pencegahan karies gigi adalah 0,05 mg/kg BB/hari. 

 

d. Vitamin C 

Peranan vitamin C dalam pembentukan gigi yaitu membantu penyerapan kalsium. Orang dewasa memerlukan vitamin C sebanyak 75 mg setiap harinya sedangkan wanita hamil sebesar 100 mg dan wanita menyusui 150 mg. 

 

e. Vitamin D 

Fungsi utama vitamin D yaitu membantu penyerapan kalsium dan fosfor. Wanita hamil dan menyusui dianjurkan untuk mendapat suplemen/tambahan vitamin D sebesar 400 IU.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement