Kamis 26 Sep 2013 06:55 WIB

Lebah Menginspirasi Pesawat Robot Masa Depan

Red:
Lebah
Lebah

CANBERRA -- Lembaga penelitian Brain Research Institute di Universitas Queensland sedang mengkaji cara lebah terbang yang dapat mengarah ke perancangan pesawat robot di masa depan.

Penelitian itu menemukan bagaimana lebah-lebah memaksimalkan energinya dan bagaimana pengetahuan ini dapat digunakan untuk membuat pesawat masa depan.

Gavin Taylor, salah seorang peneliti di lembaga itu, menyelidiki bagaimana lebah mengendalikan terbangnya. Dia merancang berbagai percobaan yang menggunakan kipas dan batangan bergerak, yang mensimulasi aliran udara dan gerakan melayang di udara.

"Kami mendapati bahwa lebah tersebut merampingkan tubuhnya, sehingga mereka dapat menghemat energi ketika sedang terbang," jelas Gavin Taylor kepada ABC.

Ia menjelaskan, saat terbang, seekor lebah menyesuaikan abdomennya untuk mengurangi resistensi udara dan meningkatkan efisiensi. "Sama seperti kita lihat pada pengendara sepeda yang membungkukkan badan ke posisi tubuh yang lebih ramping, demikian juga dengan lebah," ujar Gavin.

Namun ia mengatakan, banyak kendala dalam merancang miniatur robot terbang. Salah satu yang utama adalah daya tahan baterai.
 
Menurut Gavin, serangga robot mungkin masih jauh untuk diwujudkan, tetapi perkembangan pengetahuan biologi telah menginspirasi inovasi teknik. Ia berharap bahwa penelitiannya dapat digunakan dalam desain kehidupan nyata di masa depan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَاۤءٌ مِّنْ نِّسَاۤءٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّۚ وَلَا تَلْمِزُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوْا بِالْاَلْقَابِۗ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوْقُ بَعْدَ الْاِيْمَانِۚ وَمَنْ لَّمْ يَتُبْ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) perempuan lain (karena) boleh jadi perempuan (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

(QS. Al-Hujurat ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement