Kamis 10 Oct 2013 13:10 WIB

Pernikahan Putri Sultan HB X Difilmkan

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad
Sri Sultan Hamengkubuwono X
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Sri Sultan Hamengkubuwono X

REPUBLIKA.CO.ID,

Selama Pernikahan Putri Sultan HB X Digelar Pernikahan Agung Kraton Yogyakarta di Bioskop XXI, Tiket Hanya Rp 25 Ribu

YOGYAKARTA -- Menjelang dan selama berlangsungnya pernikahan Putri keempat Sultan Hamengku Buwono X GKR Hayu dan KPH Notonegoro, di bioskop XXI Yogyakarta akan digelar pernikahan agung (Dhaup Ageng) di Kraton Yogyakarta.

"Film Dhaup Ageng tersebut menggunakan referensi pernikahan Putri Bungsu Sultan Hamengku Buwono X GKR Bendara dan KPH Yudonegoro. Film ini akan diputar selama seminggu dan akan di-launching 17 Oktober," kata GKR Bendara.

"Film tersebut hanya diputar selama seminggu dan per harinya akan diputar lima kali. Kami sih tidak mengejar hasil penjualan tiket karena harga tiketnya pun hanya Rp 25 ribu dan itu lebih murah dari standardnya bioskop XXI," kata GKR Bendara kepada Republika.

Menurut dia, pemutaran film tersebut  disutradai Deyna Haryanto dan Arief Hartawan yang diproduksi dan didanai Kraton Yogyakarta.

"Ini film tentang pernikahan agung di kraton yang mengusung adat dan tradisi Jawa," kata putri bungsu Sultan HB X yang mempunyai nama kecil GRAj Nurastuti Wijareni atau akrab dipanggil Jeng Reni.

Awalnya, video pernikahan agung itu merupakan  dokumentasi pribadi Jeng Reni. Kemudian dia mempunyai keinginnan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang pranatan di Kraton terutama yang berkaitan dengan pernikahan melalui sebuah film dokumenter dengan durasi waktu satu jam.

Ide tersebut didiskusikan dengan suami dan ayahnya dan ternyata mereka menyambut baik. Melalui film tersebut Jeng Reni ingin mengajak kepada generasi muda untuk tidak melupakan budayanya  sendiri. Karena adat sendiri tidak kalah cantik dan mengandung penuh makna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement