Rabu 30 Oct 2013 10:04 WIB

5 Tahap Pemeriksaan Payudara Sendiri

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Pita merah muda, simbol pencegahan dan perlawanan terhadap kanker payudara (ilustrasi)
Pita merah muda, simbol pencegahan dan perlawanan terhadap kanker payudara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pemeriksaan payudara sendiri (sadari) perlu dilakukan rutin oleh tiap perempuan. Namun, banyak juga yang belum mengetahui tahapan sadari itu. Berikut adalah tahapan sadari:

1. Menghadap cermin, letakkan kedua tangan di pinggul. Sambil berkaca, perhatikan bentuk dan ukuran payudara. Perhatikan juga warna putingnya. Ukuran dan bentuk payudara idealnya tidak sama antara kanan dan kiri. Waspada bila salah satu payudara bertambah besar atau berubah bentuk. 

2. Angkat tangan ke atas dan perhatikan kembali penampakan payudara. Pada posisi ini perhatikan apakah ada lesung, luka, atau keriput pada kulit payudara. Posisi ini juga memungkinkan untuk kembali melihat apakah puting berubah posisi. 

3. Pencet puting payudara. Dalam posisi ini perhatikan apakah puting mengeluarkan cairan kekuningan, kemerahan, atau darah. Cairan yang keluar menandakan adanya perubahan dalam sel payudara. 

4. Periksa payudara dengan gerak memutar. Tahap ini sebaiknya dilakukan dengan posisi tidur. Tangan diangkat bersamaan dengan payudara yang akan diperiksa. Gerakan memutar dimulai dari puting hingga batasan payudara kanan dan kiri. 

5. Untuk posisi tidur, berbaringlah dengan tangan kiri di bawah kepala. Letakkan bantal kecil di bawah punggung, rabalah seluruh permukaan payudara kiri, dengan gerakan memutar. Lakukan pemeriksaan yang sama untuk payudara kanan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement