Kamis 31 Oct 2013 19:01 WIB

Linda Kaun Pameran Tunggal di JNM

Rep: Heri Purwata / Red: Djibril Muhammad
Linda Kaun
Foto: fibre2fashion.com
Linda Kaun

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Seniman batik, Linda Kaun menggelar pameran tunggal di Jogja National Museum (JNM) Yogyakarta. Pameran The Power of You (Kekuatan Engkau) berlangsung Rabu-Senin (30/10-4/11).

Dijelaskan Devie Triasari dari I AM manajemen, Linda menggelar sebuah pameran seni dan peristiwa multi-media yang menjelajahi kekuatan yang hidup dalam setiap pribadi.

"Seringkali kita merasa tidak berdaya menghadapi sedemikian banyak kekacauan dan keragu-raguan di dunia ini," kata Devie kepada Republika, di Yogyakarta, Kamis (31/10).

 

Dalam pameran ini, kata Devie, ingin ditunjukkan pada hakekatnya setiap manusia perlu menengok ke dalam diri sendiri. Tujuanya, untuk melihat seberapa kekuatan masing-masing.

Semakin sadar akan kekuatan masing-masing tentu akan memudahkan seseoramg untuk melakukan terobosan mengatasi kekacauan dan menciptakan keharmonisn antara manusia dan dunianya.

"Selama ini, kita mudah meninggalkan hidup yang didasari rasa takut, yang kebanyakan dari kita merasa terkungkung oleh rasa ketakutan tersebut. Sehingga tidak bisa menikmati hidup yang bahagia dan penuh petualangan," kata Devie.

Karya Linda, seniman Amerika Serikat yang sudah lama menetap di Yogyakarta ini juga merupakan sarana untuk menunjukkan, bagaimana menggunakan seni sebagai piranti menuju pertumbuhan pribadi, penemuan dan pelepasan penghalang-penghalang. Sehingga setiap manusia dapat menggapai cita-citanya yang tertinggi.

Linda Kaun adalah seniman batik otodidak sejak 1975 yang selama 30 tahun mempromosikan dan menjual karyanya terutama melalui pameran. Pernah menjalankan bisnis baju batik selama tiga tahun sebelum menggeluti dunia seni lukis batik.

Sejak 1980, Linda Kaun telah menulis untuk berbagai majalah tekstil dan perjalanan, juga buku dan katalog. Selama 30 tahun, Linda Kaun mengajarkan teknik batik di dalam sejumlah lokakarya di Indonesia, Los Angeles, Alaska, dan Australia.

Pada 2006, mendirikan Linda Kaun Copywriting, menangani copywriting dan komunikasi pemasaran perusahaan tekstil dan produk kerajinan tangan.

Linda Kaun mendapatkan gelar sarjana di dalam bidang sosiologi dari California State University, Los Angeles pada 1971, sebelum meneruskan studi bidang Kerja Sosial di University of Kentucky dan mendapatkan gelar master pada 1975. Pada 2005-2008, Linda mengambil program non-gelar bidang Direct Response Copywriting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement