Jumat 01 Nov 2013 07:33 WIB

Akil Tolak Hasil Tes DNA BNN

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Djibril Muhammad
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) nonaktif Akil Mochtar sebelum melakukan tes urine di Gedung KPK, Jakarta, Ahad (6/10).
Foto: Adhi Wicaksono/Republika
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) nonaktif Akil Mochtar sebelum melakukan tes urine di Gedung KPK, Jakarta, Ahad (6/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Narkotika (BNN) mengumumkan hasil tes DNA milik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) nonaktif, Akil Mochtar sama dengan DNA yang berada di lintingan ganja yang ditemukan di ruang kerja Akil di Gedung MK. Akil pun menolak hasil tes DNA BNN ini.

"Hasil BNN, pak Akil membantah keras, karena pak Akil tidak pernah melihat barang itu," kata kuasa hukum Akil Mochtar, Tamsil Sjoekoer kepada para wartawan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (31/10).

Tamsil menambahkan kliennya tetap pada sumpahnya yang tidak mengetahui adanya narkotika yang ditemukan di dalam ruang kerjanya. Akil juga siap membuktikan mengenai kepemilikan narkotika tersebut.

"Pak Akil siap (membuktikannya), dia tetap bertahan bersumpah tidak pernah melihat barang itu," ujar Tamsil.

Sebelumnya tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di ruang kerja Akil Mochtar selaku Ketua MK di gedung MK usai penetapannya sebagai tersangka suap dalam penanganan sengketa pilkada di MK.

Dalam penggeledahan ditemukan narkotika terdiri dari tiga linting ganja masih utuh dan satu linting ganja yang sudah digunakan serta narkotika jenis sabu dalam bentuk pil.

Mengingat tidak terkait dengan kasus yang ditangani, KPK menyerahkan narkotika tersebut kepada kepala keamanan MK yang kemudian diserahkan kepada BNN. Beberapa hari setelahnya, BNN mendatangi gedung KPK untuk mengambil sampel urin dan rambut milik Akil namun hasilnya negatif.

BNN menemukan sampel DNA pada lintingan ganja yang ditemukan di ruang kerja Akil. Maka itu BNN mengambil sampel DNA Akil untuk mencocokkannya.

Dalam hasil analisa Laboratorium DNA Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Mabes Polri menyebutkan profil DNA dari barang bukti narkotika jenis ganja, mirip atau identik dengan DNA milik Akil Mochtar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement