Ahad 03 Nov 2013 05:59 WIB

Warga Cina Pun Gemari Batik

Red: Endah Hapsari
Busana batik
Foto: Republika
Busana batik

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kain dan baju tradisional batik Indonesia makin digemari masyarakat China. "Saya tahun lalu membeli baju batik, saya suka dan sekarang saya membeli lagi," ungkap Wang Li sambil memilah-milah selendang batik yang dipamerkan dalam bazar amal Kementerian Luar Negeri China.

Dalam bazar amal yang sudah lima kali diadakan, Kedutaan Besar Indonesia menampilkan batik, produk tas, sepatu, ikat pinggang kulit, beragam cindera mata bermotif batik, serta masakan khas nasi goreng dan sate ayam bumbu saus kacang. "Bahan batik itu nyaman, dan motifnya beragam, saya suka," kata Mei San, warga distrik Chaoyang yang juga tengah memilah-milah selendang batik di hadapannya.

Pantauan Antara, mayoritas pengunjung 'booth' Indonesia memilih selendang batik yang dijual mulai harga 100 hingga 400 Yuan tergantung ukuran, motif dan bahannya. Batik yang ditampilkan adalah batik Surabaya, Pekalongan, Cirebon dan beberapa batik khas daerah lain di Indonesia.

Sebagian lainnya, juga membeli baju, kain batik, gantungan kunci kayu bermotif batik, taplak meja makan batik, satu set alas piring dan gelas motif batik, pembatas buku wayang kulit dan lainnya. Tak hanya masyarakat China, sejumlah warga asing lain juga menyukai dan membeli beragam motif dan hasil kain batik, serta makanan khas Indonesia nasi goreng dan sate ayam saus kacang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement