Kamis 07 Nov 2013 12:27 WIB

Pemkab Jayapura Canangkan Danau Sentani Jadi Objek Wisata

Red: Hazliansyah
Danau Sentani
Danau Sentani

REPUBLIKA.CO.ID, SENTANI --  Danau Sentani yang berada di Kabupaten Jayapura, Papua rencananya akan dijadikan salah satu tempat wisata atau lokasi kunjungan akhir setelah melakukan tour wisata.

Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, Kamis, mengatakan, setelah menjadikan Cycloop sebagai paru-paru Jayapura, maka Danau Sentani juga di akan dijadikan salah satu tujuan wisata di Indonesia.

"Salah satu program wisata andalan kami adalah Festival Danau Sentani dimana diharapkan event ini kedepannya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing dan domestik," kata dia, Kamis.

Tidak hanya itu, menurut Mathius, beberapa waktu lalu Gubernur provinsi Papua Lukas Enembe juga secara resmi telah mencanangkan Danau Sentani sebagai tempat wisata karena dinilai berada di tempat strategis.

"Danau Sentani diharapkan dapat mendongkrak pendapatan daerah melalui bidang wisata serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya," urainya.

Mathius menambahkan Danau Sentani memiliki banyak potensi alam seperti air, sagu, keindahan alamnya serta ikan. Sehingga hal ini harus diolah semaksimal mungkin untuk memperoleh manfaat bagi semua pihak.

Selain itu, dasar perairannya berisikan substrat lumpur berpasir (humus). Pada perairan yang dangkal, ditumbuhi tanaman pandan dan sagu.

Luasnya sekitar 9.360 Ha dengan kedalaman rata rata 24,5 meter. Di sekitaran danau ini terdapat 24 kampung. Tersebar di pesisir dan pulau-pulau kecil yang ada di tengah danau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement