Sabtu 16 Nov 2013 06:31 WIB

Dengan Satu Kaki, Pria Ini Siap Panjat Monas

Red: Endah Hapsari
Sabar Gorki
Foto: beritajakarta.com
Sabar Gorki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Reputasi Sabar Gorki (45) sebagai pemanjat tebing sudah tidak diragukan lagi. Sejumlah rekor memanjat pun telah ia torehkan. Namun, ia tidak berpuas diri. Rencananya, pada 8 Desember 2013 mendatang Sabar juga berencana memanjat Tugu Monas. 

Jika sebelumnya, Sabar telah mengutarakan niatnya itu kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Kini ia juga menyampaikan keinginannya kepada Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Tak perlu menunggu lama, ia pun sudah mendapatkan restu dari orang nomor satu di ibu kota tersebut.

"Saya minta izin, nanti 8 Desember mau manjat Monas. Alhamdulillah diizinkan sama Pak Jokowi," kata Sabar usai menemui Jokowi di Balaikota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, seperti dilansir situs beritajakarta.

Diakui Sabar, dirinya memilih Monas karena merupakan ikon Jakarta. Pria yang kehilangan kaki kanannya akibat jatuh dari kereta ini berpendapat, kegiatannya sebagai bentuk dukungan dan semangat kepada warga Jakarta. Selain itu dirinya juga ingin bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

Selain berdekatan dengan hari Tuna Daksa yang jatuh pada 3 Desember mendatang, kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Anti Korupsi. Terakhir, Sabar juga mengikuti ajang memanjat internasional, IFSC World Climbing Championship di Paris pada 2012 lalu. Di kejuaraan tersebut Sabar menempati posisi keempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement