Kamis 12 Dec 2013 15:56 WIB

Buat Smothie Berries! Kaya Omega 3, Ampuh untuk Kecantikan

Rep: mgrol21/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Smothie beri (Ilustrasi)
Smothie beri (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Melakukan perawatan yang ‘manis’ akan membantu kecantikan kulit Anda memancar ke luar. Caranya ternyata tidak serumit yang Anda bayangkan.

Salah satunya yakni rutin mengasup buah-buahan bernutrisi tinggi yang juga memberi gizi kepada kulit. Salah satunya yakni buah beri.

Mengapa beri? Buah ini begitu tinggi nutrisi sehingga perusahaan kosmetik pun mengekstrak sari hingga warnanya untuk dijadikan bahan utama dalam produk mereka, terutama yang berbau anti-ageing atau produk untuk menghambat penuaan.

Beberapa nutrisi kecantikan yang menjadi andalan perusahan kosmetik adalah

Anthosianin: Pigmen ini yang menghadirkan warna-warna ungu, merah dan biru yang dalam di banyak tumbuhan. Ia merupakan antioksidan ampuh yang mampu membantu menekan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Luar biasanya ia bisa ditemukan dalam beri hitam, beri biru, cranberi, raspberi dan juga stroberi.

Asam ellagic: Ini jenis antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari dan menghalangi pembentukan enzim yang memecah elastin dan kolagen dalam kulit. Kombinasi kekuatan itu yang mampu menghadang kerutan terbentuk lebih dini. Ditemukan dalam beri hitam, cranberi, raspber dan stroberi.

Asam lemak esensial: Yup, elemen krusial untuk kesehatan secara umum juga bisa meningkatkan kadar kelembaban dan kelembutan kulit dan mengurangi peradangan. Lagi-lagi bisa ditemukan di acai beri dan minyak biji beri hitam, beri biru, raspberi dan stroberi.

Vitamin C. siapa yang masih meragukan vitamin dengan antioksidan kuat yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Vitamin c bermanfaat untuk melembabkan kulit dan meningkatkan kadar kolagen dan elastin dalam kulit. Ia bisa ditemukan dalam beri hitam, beri biru, kranberi, elderberi, gojiberi, raspberi dan stroberi.

Bagaimana? Tertarik?

Kini waktunya meracik smothie beri sehat kaya dengan omega-3 yang bisa menutrisi kulit Anda. Anda dapat menikmati baik untuk sarapan atau untuk 'kudapan' sehat di antara waktu makan.

Resp smothie ini dibagi oleh pakar gizi dan kecantikan Dr. Amy Wechsler ini sekaligus penulis The Mind-Beauty Connection.

Bahan:

1 cangkir air, atau susu kedelai. Bisa juga menggunakan susu rendah lemak/susu skim

1 cangkir buah beri yang segar/beku sebagai pilihan Anda. Cobalah mencampurkan beberapa jenis beri, seperti beri biru dan stroberi misal.

2 sendok makan flaxseed atau flax oil

3. Es dan nectar secukupnya

Pilihan: 1 sendok vanili atau coklat bubuk berprotein

Anda dapat mendapatkan bahan-bahan ini di toko makanan alami dan pastikan Anda tidak  membeli bahan makanan pengganti.

Cara membuat:

Campurkan semua bahan ke dalam blender. Cicipi. Jika ingin lebih kental, tambahkan es. Jika  ingin lebih manis, tambahkan satu sendok makan nectar. Dan jika Anda ingin tambahan protein, tambahkan bubuk protein. Jika Anda ingin memiliki lebih banyak nutrisi yang baik untuk kulit,  campurkan beberapa sayuran seperti mentimun atau brokoli. Dengan manisnya buah, Anda tidak  akan merasakan sayuran dalam smoothie Anda.

Beri-berian bisa mempercantik kulit. Dengan begitu banyak beri organik untuk kecantikan kulit di luar sana, mengapa harus bingung?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement