Senin 16 Dec 2013 22:53 WIB

Kini Bisa Donor Darah Online, Lho..

Rep: Indah Wulandari/ Red: Citra Listya Rini
Donor darah.
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Donor darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Palang Merah Indonesia (PMI) menjaring pendonor darah dengan rekrutmen donor melalui sistem informasi online Ayo Donor dan aplikasi bloodbook. PMI menggandeng PT Indosat dan agensi periklanan Leo Burnett untuk mengelolanya secara online. 

Untuk memenuhi target kebutuhan darah secara nasional sebesar 4,8 juta kantong, Palang Merah Indonesia (PMI) terus meningkatkan pelayanan donor darah, terutama dalam menjaring pendonor darah sekaligus menjaga keberadaan Donor Darah Sukarela (DDS). 

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menjelaskan terobosan ini dilakukan dalam rangka untuk mencari pendonor darah yang sehat agar mendapatkan kualitas darah yang aman dari berbagai penyakit.

“Trend masyarakat yang melakukan donor darah meningkat yaitu 41 persen di tahun 2012 dengan sumbangan darah sebesar 70% secara nasional. Upaya meningkatkan jumlah pendonor ini terus kami lakukan, terutama dalam mencari donor darah sukarela yang rutin menyumbangkan darah," kata JK di Jakarta, Senin (16/12).

Keberadaan pendonor darah yang rutin, diakui JK, bisa membantu PMI untuk mendapatkan kualitas darah yang baik dan aman dari penyakit. Agar tersosialisasi dengan tepat, disepakatilah pembuatan sistem informasi Ayo Donor dan bloodbook untuk meningkatkan jumlah pendonor via online.

Masyarakat bisa mengakses website www.ayodonor.pmi.or.id yang berisi info akurat lokasi untuk melakukan donor darah, ataupun informasi stok darah yang tersedia di Unit Donor Darah PMI seluruh Indonesia. Semuanya tercatat secara real time. 

Untuk menjaring pendonor muda, PMI berkolaborasi dengan Leo Burnett membuat aplikasi donor darah bloodbook. "Bloodbook bukan sekedar sebuah aplikasi, tapi aplikasi yang menjawab kebutuhan dan kepentingan orang banyak,” kata Managing Director Leo Burnett Anne Ridwan,.

Seperti halnya Ayo Donor, aplikasi bloodbook mendorong masyarakat untuk menjadi donor darah sukarela. Terutama menjadi donor darah. Pengganti untuk membantu orang lain yang membutuhkan darah melalui jejaring pertemanan Facebook.

Anne menjamin aplikasi ini bebas dari info bohong alias hoax. Lantaran bloodbook mempertemukan orang yang membutuhkan darah dengan para pendonor yang menjalin pertemanan di sosial media.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَالْوَالِدٰتُ يُرْضِعْنَ اَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ اَرَادَ اَنْ يُّتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۗ وَعَلَى الْمَوْلُوْدِ لَهٗ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِۗ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ اِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَا تُضَاۤرَّ وَالِدَةٌ ۢبِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُوْدٌ لَّهٗ بِوَلَدِهٖ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذٰلِكَ ۚ فَاِنْ اَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِّنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا ۗوَاِنْ اَرَدْتُّمْ اَنْ تَسْتَرْضِعُوْٓا اَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اِذَا سَلَّمْتُمْ مَّآ اٰتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوْفِۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut. Seseorang tidak dibebani lebih dari kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita karena anaknya dan jangan pula seorang ayah (menderita) karena anaknya. Ahli waris pun (berkewajiban) seperti itu pula. Apabila keduanya ingin menyapih dengan persetujuan dan permusyawaratan antara keduanya, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin menyusukan anakmu kepada orang lain, maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Baqarah ayat 233)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement