Senin 30 Dec 2013 00:18 WIB

Dituding Buat Selebrasi Gol Anti-Semit, Anelka akan Diperiksa FA

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Nicolas Anelka
Foto: givemefootball.com
Nicolas Anelka

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penyerang West Bromwich Albion Nicolas Anelka akan menghadapi penyelidikan FA menyusul perayaan gol kontroversialnya saat timnya bermain imbang 3-3 dengan West Ham pada Sabtu (28/12).

Pemain Prancis 34 tahun itu mendapat banyak kritik setelah ia merayakan gol pertamanya di Upton Park, dengan menampilkan salam "guenelle" yang dipopulerkan komedian Prancis Dieudonne.

Sikap tubuh itu diidentikkan dengan anti-Semit di Prancis, meski klaim-klaim lain mengatakan salam itu hanya digunakan untuk memperlihatkan solidaritas kepada pandangan-pandangan anti-kemapanan. Menteri olahraga Prancis Valerie Fourneyron pada Sabtu malam mengutuk sikap tubuh itu, menyebutnya sebagai "mengejutkan" dan "mengganggu" melalui akun Twitter resminya.

Mantan bintang Real Madrid, Chelsea, dan Arsenal Anelka berupaya meredam insiden ini. "Sikap tubuh ini merupakan dedikasi istimewa kepada teman saya Dieudonne," tuturnya melalui Twitter.

Sikap itu tak membuat asosiasi sepak bola Inggris berubah pikiran. Juru bicara FA mengonfirmasi kepada AFP bahwa tindakan-tindakan Anelka tetap akan diperiksa untuk menentukan apakah ia semestinya didakwa dan dihukum.
Sementara, Kongres Yahudi Eropa mengutuk Anelka dan meminta ia menghadapi hukuman yang sama terhadap tindakan yang akan diberikan kepada sosok yang melakukan salam khas Nazi. "Memuakkan melihat pesepak bola yang populer melakukan sikap tubuh melecehkan dan penuh kebencian di depan puluhan ribu penonton," kata presiden Kongres Yahudi Eropa Dr Moshe Kantor.
"Semestinya tidak ada ruang untuk intoleransi dan rasisme di olahraga dan kami berharap para ofisial Liga Utama Inggris serta polisi akan memberi hukuman yang layak kepada Anelka."
"Kami tahu bahwa para ofisial sepak bola Inggris memiliki toleransi yang sangat rendah terhadap rasisme di pertandingan-pertandingan sepak bola dan memperlihatkan nol toleransi untuk salam Nazi yang penuh kebencian ini."

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement