Ahad 05 Jan 2014 19:48 WIB

Ali Masykur Si Bapak Angkat Komunitas Ontel

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Joko Sadewo
Ali Masykur Musa
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Ali Masykur Musa

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Peserta Konvensi Capres Partai Demokrat, Ali Masykur Musa didaulat menjadi bapak angkat komunitas sepeda onthel. Ali dianggap punya kepedulian terhadap sepeda onthel.

“Kami sepakat mengangkat Cak Ali sebagai Bapak Angkat Komunitas Onthel karena beliau peduli terhadap budaya bersepeda onthel,” kata Pembina Komunitas Sepeda OnthelEdi Dharma.

Salah satu kepedulian Ali terhadap sepeda onthel misalnya terlihat dari keikutsertaannya dalama cara pawai ribuan sepeda onthel di Cirebon, Jawa Barat. Edi mengatakan Ali bukan hanya hadir untuk bersepeda tapi juga mengampanyekan pentingnya menjaga lingkungan kepada ribuan 'goweser' di Cirebon.

Ali Masykur Musa mengaku sangat senang bisa terlibat dalam acara pawai sepeda onthel Cirebon. Menurutnya para 'goweser' Cirebon telah menyadari pentingnya kesehata dn manfaat terhadap lingkungan. "Kegiatan ini dapat meningkatkan hidup sehat, menambah pengetahuan sejarah, dan kesadaran untuk merawat lingkungan," ujar Ali.

Ali berharap kegiatan pawai sepeda onthel bisa membuat masyarakat Cirebon mencintai sejarah. Menurutnya saat ini semakin sedikit orang yang memiliki kepedulian terhadap benda-benda kuno antik.

Kecintaan Ali terhadap sepeda onthel datang dari orang tuanya. Dia mengaku merasa beruntung memiliki orang tua yang mengajarinya merawat onthel. "Dulu onthel adalah kendaraan saya sehari-hari. Di kampung, saya memiliki beberapa koleksi sepeda onthel tua,” ujarnya.

Pawai sepeda onthel diikuti ribuan peserta. Pawai mulai dari halaman Keraton Kasepuhan Cirebon hingga ke Gua Sunyaragi yang berjarak tempuh 5 km pada Sabtu, (4/1) pagi. Peserta pawai dilepas langsung oleh Sultan Arif Natadiningrat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement