Senin 06 Jan 2014 15:51 WIB

Seribu Petani Demo Tuntut Cabut HGU Asiatic

Red: Julkifli Marbun
Titik api akibat kebakaran hutan.
Foto: ANTARA FOTO
Titik api akibat kebakaran hutan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Sekitar seribu petani Jambi tergabung dalam Gerakan Nasional Pasal 33 UUD 1945 (GNP 33) menggelar aksi demo menuntut dicabutnya izin Hak Guna Usaha (HGU) PT Asiatic Persada.

Aksi demo ribuan petani tersebut digelar di kawasan perkantoran Telanaipura, Jambi, Senin.

Dalam orasinya koordiantor lapangan aksi, Nurlela dan Lukman mengatakan, aksi demo petani itu dalam rangka menuntut hak petani yang lahannya dicatut dan digusur oleh PT Asiatic Persada atau Agro Mandiri Semesta.

Kemudian aksi mereka gelar sekaligus dalam rangka pemperingati HUT Provinsi Jambi ke-57 yang bertepatan hari ini.

Dalam orasinya massa menuntut dicabutnya izin HGU PT Asiatic Persada atau Adro Mandiri Semesta atau mengembalikan tanah adat Suku Anak Dalam (SAD) Jambi sesuai dengan surat rekomendasi peninjauan ulang izin perusahaan tersebut.

Izin HGU PT Asiatic Persada diterbitkan oleh Kanwil BPN Provinsi Jambi dan Pemerintah Provinsi Jambi.

Kemudian massa juga menuntut Menteri Kehutanan RI untuk memberikan akses tanah atau hutan tanaman rakyat kepada petani Sarolangun di kawasan Sungai Batang, Guru Batu, Petiduran Baru, Sialang Batua.

Kemudian petani Mekar Jaya seluas 3.489 hektare dan Kunangan Jaya II seluas 7.482 hektare.

Petani Jambi juga menolak kemitraan yang diusulkan PT Asiatic Persada dan grupnya.

Selain itu petani Jambi menuntut memberikan jaminan perlindungan, keselamatan dan keamanan masyarakat adat SAD Jambi dan petani Sarolangun, serta menuntut aparat kepolisian untuk menghentikan tindakan militeristik dan kriminalitas dalam menanganan konflik agraria.

Selain itu massa juga menuntut tim terpadu Batanghari untuk menghormati proses penyelesaian konflik oleh BPN-RI serta menuntut percopotan Kapolres Batanghari, AKBP Robert Sormin dengan tidak hormat.

Perwakilan suku anak dalam dari Bathin IX, Abunjani, dalam orasinya mengatakan, jika kasus ini tidak diselesaikan maka akan terjadi konflik berdarah di bumi Jambi tersebut.

Aksi demo ribuan petani Jambi selain berorasi di kawasan perkantoran Gubernur Jambi di kawasan Telanaipura, juga massa mendatangi Mapolda Jambi.

Aksi demai ribuan petani tersebut dikawal ketat oleh ratusan polisi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ صَدَقَكُمُ اللّٰهُ وَعْدَهٗٓ اِذْ تَحُسُّوْنَهُمْ بِاِذْنِهٖ ۚ حَتّٰىٓ اِذَا فَشِلْتُمْ وَتَنَازَعْتُمْ فِى الْاَمْرِ وَعَصَيْتُمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَآ اَرٰىكُمْ مَّا تُحِبُّوْنَ ۗ مِنْكُمْ مَّنْ يُّرِيْدُ الدُّنْيَا وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرِيْدُ الْاٰخِرَةَ ۚ ثُمَّ صَرَفَكُمْ عَنْهُمْ لِيَبْتَلِيَكُمْ ۚ وَلَقَدْ عَفَا عَنْكُمْ ۗ وَاللّٰهُ ذُوْ فَضْلٍ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ
Dan sungguh, Allah telah memenuhi janji-Nya kepadamu, ketika kamu membunuh mereka dengan izin-Nya sampai pada saat kamu lemah dan berselisih dalam urusan itu dan mengabaikan perintah Rasul setelah Allah memperlihatkan kepadamu apa yang kamu sukai. Di antara kamu ada orang yang menghendaki dunia dan di antara kamu ada (pula) orang yang menghendaki akhirat. Kemudian Allah memalingkan kamu dari mereka untuk mengujimu, tetapi Dia benar-benar telah memaafkan kamu. Dan Allah mempunyai karunia (yang diberikan) kepada orang-orang mukmin.

(QS. Ali 'Imran ayat 152)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement