Senin 10 Feb 2014 15:42 WIB

BPBD: Riau Siaga Bencana Kabut Asap

Red: Yudha Manggala P Putra
Kabut asap di Riau
Foto: mongabay
Kabut asap di Riau

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menyatakan kini daerah itu dalam kondisi siaga bencana kabut asap.

"Ini adalah untuk mengantisipasi kebakaran lahan yang terus meluas dalam beberapa hari terakhir khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti," kata Kepala BPPBD Riau, Said Saqlul Amri kepada wartawan di Pekanbaru lewat sambungan telepon, Senin (10/2).

Said mengatakan, titik-titik kebakaran lahan di Riau dalam satu pekan terakhir telah dapat dipadamkan, namun masih terus bermunculan peristiwa kebakaran di berbagai lokasi lainnya. Maka dari itu, kata dia, dibutuhkan kerja sama yang ekstra antara pihak pemerintah daerah, masyarakat dan kepolisian dalam hal penegakan hukum.

Ia mengatakan, pihak-pihak yang terkait untuk siaga bencana kabut asap ini adalah seluruh BPBD kabupaten/kota se-Riau, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (GMKG) Stasiun Pekanbaru, Dinas Kesehatan Riau, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau, kepolisian dan Dinas Kehutanan.

"Semua lembaga, badan dan dinas ini yang nantinya akan turut membantu dalam upaya pencegahan bencana kabut asap. Jangan sampai kejadian di 2013 terulang," katanya.

Pada 2013, kabut asap sempat dikategorikan sebagai bencana karena telah menyebabkan berbagai kegiatan pemerintahan dan pendidikan menjadi terhambat.

Bahkan kabut asap ketika itu telah menyeberangi lautan hingga mengotori ruang udara di beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement