Kamis 20 Feb 2014 00:25 WIB

Eropa Bangun Satelit 'Pemburu' Planet Berair

Rep: Amri Amrullah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Satelit - ilustrasi
Foto: Spacenews.com
Satelit - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,BERLIN -- Beberapa negara Eropa sedang melakukan misi penting mencari kehidupan baru di luar angkasa. Badan Antariksa Eropa (ESA)  mengungkapkan pihaknya akan meluncurkan sebuah satelit antariksa canggih untuk 'memburu' planet di luar tata surya pada 2024.

Dilansir dari Assosiated Press, Rabu (19/2), ESA mengatakan misi antariksa ini disebut PLATO, singkatan dari Planetari Transit dan Osilasi Bintang. Salah satu misi penting satelit ini adalah mencari planet berair yang memiliki potensi sumber kehidupan baru.

Satelit ini akan dilengkapi 34 teleskop canggih dan kamera yang mampu mencari satu juta bintang di dekatnya serta mencari perjalanan dan gejala yang terjadi pada planet yang mengorbit disekitarnya. Bersama dengan perangkat teknologi jelajah darat, PLATO akan dapat menentukan massa dan komposisi kasar dari exoplanets tersebut.

ESA mengatakan dalam sebuah pernyataan Rabu bahwa misi akan fokus pada planet sebesar bumi atau lebih besar, di mana ada potensi air di permukaan. Fokus pada planet berair ini, karena air diindikasi merupakan sumber kehidupan dan kebutuhan utama bagi kehidupan di seluruh planet di jagad raya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement