Jumat 21 Feb 2014 10:17 WIB

Pembicaraan Nuklir Iran Akan Dilanjutkan

Rep: Gita Amanda / Red: Citra Listya Rini
Instalasi Nuklir Iran
Foto: AP
Instalasi Nuklir Iran

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Iran dan enam kekuatan dunia pada hari Kamis (20/2), mengakhiri pembicaraan nuklir yang telah berlangsung selama tiga hari. Pembicaraan mengalami sedikit kemajuan dengan kesepakatan mengenai kerangka kerja untuk negosiasi selanjutnya.

Namun hanya sedikit kemajuan terkait isu utama mengenai konsesi nuklir Teheran. Pernyataan bersama pada akhir pembicaraan, menyatakan kedua pihak akan bertemu lagi di Wina pada 17 Maret. 

Secara terpisah, badan nuklir PBB menegaskan bahwa Teheran memenuhi komitmennya berdasarkan langkah pertama perjanjian. Ini yang menyebabkan negosiasi minggu ini, mencapai kesepakatan.

Setelah perjanjian langkah pertama, persediaan bahan nuklir Iran yang dapat berubah dengan cepat menjadi inti fisil dari hulu ledak nuklir, telah berkurang hampir 20 persen menjadi 161 kilogram (355 pon) di bawah perjanjian pertama.

Pengumuman kesepakatan mengenai pembicaraan nuklir Iran lebih lanjut tampaknya meningkatkan harapan bahwa negosiasi telah berjalan dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement