Jumat 21 Feb 2014 23:45 WIB

Jumlah Pengungsi Sinabung Kini 19.985 Orang

Red: Yudha Manggala P Putra
Korban bencana Sinabung
Foto: EPA
Korban bencana Sinabung

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Jumlah pengungsi erupsi gunung Sinabung Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, terus berkurang hingga Jumat. Saat ini tercatat 'tinggal' 19.985 orang.yang masih berada di Posko Penampungan Kabanjahe

Koordinator Media Center Penanggulangan Bencana Sinabung di Kabanjahe, Jhonson Tarigan ketika dihubungi dari Medan, Jumat (21/2), mengatakan jumlah pengungsi tersebut dalam setiap hari terus berkurang, karena mereka telah pulang ke rumah masing-masing.

Pemulangan pengungsi itu, menurut dia, karena desa tempat tinggal warga tersebut berada di luar radius 5 kilometer dari kawah gunung Sinabung.

"Jadi, lokasi desa tersebut termasuk zona aman dari pengaruh erupsi gunung Sinabung dan tidak membahayakan bagi keselamatan warga di daerah itu," kata Jhonson.

Dia menyebutkan, Pemkab Karo, Satuan Penanggulangan Bencana Sinabung dan relawan dalam beberapa hari ini terus bekerja ekstra keras dalam pemulangan pengungsi Sinabung.

Bahkan, jelasnya, puluhan truk dan mobil milik Pemkab Karo, TNI-AD, Polri dikerahkan untuk mengangkut pengungsi dari Posko Penampungan di Kabanjahe ke sejumlah desa yang dianggap aman tersebut.

"Pemkab Karo dan Satgas Penanggulangan Bencana Sinabung langsung turun ke lapangan mengatur para pengungsi itu untuk pulang ke rumah, kata juru bicara Pemkab Karo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement