Selasa 18 Mar 2014 06:20 WIB

Kenapa Mata Mudah Berair?

Red: Indira Rezkisari
.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, mata saya mudah sekali berair meski tidak sedang sedih, agak sedikit mengganggu, apakah normal dok? Atau bentuk penyakit? Saya harus bagaimana ya dok?

Risa (29 tahun)

Jawaban:

Salam untuk Risa, ingat bahwa mata kita adalah jendela dunia maka penting sekali untuk menjaga kesehatan mata sebagai indikasi dasar kesehatan secara keseluruhan. Kondisi yang sekarang dialami oleh Risa itu, di mana mata mengeluarkan air mata tanpa sebab yang dipengaruhi oleh kondisi kesedihan dikenal sebagai gangguan atas problem indera penglihatan kita.

Air mata adalah sistem dari mekanisme kerja bola mata untuk menjaga kondisi kelembaban dari paparan lingkungan sekitarnya. Di mana nantinya air mata adalah bentuk sekresi alamiah, yang memiliki kandungan enzim lisozim sebagai anti bakteri di organ mata.

Secara umum, kemungkinan penyebab mata berair adalah terjadinya penyumbatan saluran pembuangan air mata atau Obstruksi Duktus Nasolakrimalis. Di mana kondisi tersebut dapat dipengaruhi atau bisa terjadi sebagai akibat beberapa hal terkait, seperti:

    - Gangguan perkembangan sistem Nasolakrimalis.

    - Infeksi Hidung Menahun

    - Infeksi Mata dalam kategori Berat

    - Patah Tulang Hidung

    - Tumor

Tentu dalam hal ini perlu dikomunikasikan dengan dokter mata Anda, agar dapat dilakukan observasi yang sesuai berdasarkan pemeriksaan fisik langsung, sehingga dapat diketahui diagnosa penyebab dan pola treatment yang harus dilakukan.

Demikian, semoga dapat dipahami, salam.

dr Nurwany, SpM

Spesialis Mata di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement