Kamis 27 Mar 2014 12:00 WIB

Kemendag Bawa 13 Produsen Mamin RI ke Amerika Utara

Red: Nidia Zuraya
Pabrik minuman kemasan.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pabrik minuman kemasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil menteri perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi akan memimpin delegasi misi perdagangan ke Amerika Utara, tepatnya ke Amerika Serikat dan Kanada, 29 Maret - 5 April 2014, membawa 13 perusahaan produsen makanan dan minuman (Mamin) Indonesia.

"Dalam upaya meningkatkan ekspor nonmigas ke Amerika Serikat (AS) dan Kanada, strategi Kementerian Perdagangan adalah mendukung ekspor produk Makanan dan Minuman (MAMIN) Indonesia ke dua negara tersebut. Amerika merupakan pasar terbesar ekspor produk Mamin Indonesia," kata Nus Nuzulia Ishak, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, di Jakarta, Kamis (27/3).

Bekerja sama dengan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) akan melakukan kegiatan Misi Penjualan ke kawasan Amerika Utara yang akan di rangkaikan dengan Pameran MAMIN Salon International de L'amentation (SIAL) Canada 2014 yang akan berlangsung tanggal 2-4 April 2014 di Montreal, Kanada, tambah Nus Nuzulia.

SIAL Canada merupakan salah satu pameran makanan dan minuman terbesar di kawasan Amerika Utara dengan jumlah pembeli rata-rata 14 ribu orang yang berasal dari 61 negara. Tahun lalu pameran tersebut dilaksanakan di Toronto dan diikuti oleh 758 peserta dari 45 negara, diantaranya Indonesia, Malaysia, Aljazair, ltalia, Korea Selatan, Maroko, AS dan Meksiko.

Partisipasi Indonesia pada SIAL 2013 di Toronto memperoleh hasil yang cukup positif, dimana selama pameran berlangsung diperoleh estimasi transaksi pembelian senilai 4,5 juta dolar AS dan 300 inquiries, kata Pradnyawati, ketua delegasi misi dagang tahun lalu.

Rangkaian kegiatan misi penjualan ke kawasan Amerika Utara akan diawali di New York City, AS dan Montreal, Kanada dengan mengambil format forum bisnis yang dirangkaikan dengan kegiatan One-on-One Business Matching. Kegiatan misi penjualan ini kemudian akan dilanjutkan dengan kunjungan kerja Bapak Wamendag ke Vancouver, Kanada dan Los Angeles, AS, kata Dirjen.

Dalam Forum Bisnis di AS pada 31 Maret 2014 di KJRI New York, juga akan dilaksanakan promosi makanan dari 13 perusahaan peserta misi penjualan ini. Pada kesempatan tersebut Celebrity Chef dari Yono's Restaurant di Albany, New York yaitu Chef Yono akan berkolaborasi menyajikan santap siang dengan menggunakan produk-produk dari para peserta.

Wamendag Bayu Krinamurthi akan berdialog dengan para pelaku usaha atau importir di setiap kota yang akan disinggahi. Para pelaku usaha yang diagendakan berdialog dengan Wamendag dari sektor makanan dan minuman, minyak kelapa sawit , kayu, pulp and paper, furnitur, dan sektor perikanan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

(QS. At-Tahrim ayat 8)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement