Selasa 08 Apr 2014 20:31 WIB

Pupuk Keteladaan Generasi Muslim Lewat Buku

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Agung Sasongko
Guru teladan (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Guru teladan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sifat teladan pada generasi muda muslim kian mengikis. Guna memupuk sikap teladan pada generasi muda muslim kembali, dihadirkanlah buku '24 Minggu Menjadi Teladan Bangsa'.

" Ada satu fenomena nilai-nilai nasionalisme di kalangan muda mulai memudar. Dan buku ini menjadi salah satu progamnya. ," ungkap Direktur Program Maarif Institut, Abdullah Darraz, kepada ROL, Selasa (8/4)

Buku ini memiliki 12 intisari nilai yang mampu memupuk sikap teladan. Sesuai dengan misinya, sasaran dari buku ini adalah pelajar muslim dan lebih khususnya kepada organisasi Rohis di sekolah.

Nantinya pembaca buku ini diharuskan mempraktekan setiap nilai-nilai yang ada. Hal tersebut disinyalir akan mampu memupuk sikap teladan sebagai pemuda muslim. "Ada 12 nilai yang kalau kta dalami dan terapkn dan kita praktekin selama 24 minggu kita akan menjadi tedladan bangsa," ucap Penulis Buku '24 Minggu Menjadi Teladan Bangsa' , Irfan Amali.

12 intisari nilai tersebut dihadirkan bukan begitu saja oleh penulis. 12 nilai tersebut adalah intisari dari diskusi terhadap pakar-pakar pendidikan.  Adapun 12 nilai tersebut adalah taqwa, thalabul ilmi, shiddiq, adil, husnuzhan, taaruf, tafahum, taawun, tasamuh, musyawarah, hubbul wathan dan amar makruf nahi munkar.

"12 nilai ini tidak keluar begitu saja, ini intisari yang kiata tangkap dari diskusi dari para ahli," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement