Rabu 23 Apr 2014 19:48 WIB

Persipura Takluk di Piala AFC

Red: Fernan Rahadi
Pemain Persipura Jayapura (ilustrasi)
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Pemain Persipura Jayapura (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Tuan rumah Persipura Jayapura secara mengejutkan dikalahkan 0-2 oleh tamunya Home United pada laga Piala AFC grup E di stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Rabu (23/4).

Gol-gol tim tamu dicetak oleh Fazrul manfaatkan umpan silang dari Juma'at di sisi kanan Persipura. Bola sundulan itu sempat kena tiang jauh dan masuk. Gol kedua, tim tamu dilesakkan oleh Juma'at pada menit 22 melalui tendangan jarak jauh dari sebalah kanan.

Tendangan jarak jauh Juma'at itu sepertinya memanfaatkan kelengahan kiper Yoo Jae Hoon yang agak maju. Bola tendangan jarak jauh itu sempat ditepis tapi tetap masuk gawang ke gawang Persipura.

Sementara itu, Persipura yang saat ini sebagai pamuncak klasemen sementara grup E Piala AFC dengan 11 poin coba lakukan serangan dari kiri-kanan tim lawan di tapi belum membuahkan hasil.

Penetrasi dari Ferinando Pahabol dan Lukas Mandowen dengan dibantu Boakay masih bisa dihalau barisan belakang Home United yang pimpin Precious mantan pemain Persidafon Dafonsoro.

Begitu juga tiga kali tendangan jarak jarak jauh Nelson Alom yang masih bisa diblok kiper Home United Jantan. Termasuk tendangan keras kapten Persipura Ian Louis Kabes di menit 34. Beberapa kali umpan silang Ruben Sanadi dari kiri pertahanan tim lawan belum bisa dikonversi jadi gol oleh Boakay, Yohanis Tjoe, dan Bio yang kerap membantu penyerangan.

Peluang terakhir pada tambahan waktu satu menit di babak pertama didapatkan oleh Ferinando Pahabol yang berhasil mengecoh dua pemain belakang lawan. Kiper yang dikecoh dengan tendangan menikung masih bisa disundul pemain belakang lain Home United.

Hingga peluit akhir babak pertama, kedudukan tetap 2-0 untuk keunggulan tim tamu Home United.

Pada awal babak kedua Persipura sempat mencetak gol tapi dianulir wasit karena sebelumnya bola yang diumpan Boakay ternyata sudah meninggalkan lapangan.

Lalu di menit 48 umpan dari kapten Ian L Kabes gagal dikonversi oleh Boakay. Termasuk dua umpang silang di menit 54 dan 55 yang dilakukan mantan pemain Timnas U-23 itu, tidak bisa dimanfaatkan dengan baik penyerang-penyerang Persipura.

Tendangan jarak jauh yang dilepaskan Ruben Sanadi pada menit 57 masih jauh di atas mistar gawang lawan. Kemudian gol Lukas Mandowen dimenit 58 dianulir karena dianggap menahan bola pakai tangan sebelum menceploskan bola ke gawang lawan.

Melihat daya gedor pemainnya kurang dan untuk mengejar ketertinggalan, pelatih Persipura Jacksen F Tiago langsung melakukan pergantian dua pemain sekaligus di menit ke 62. Boaz TE Salossa masuk menggantikan Luka Mandowen, sedangkan Titus Bonay menggantikan Boakay.

Masuknya Boas, langsung terlihat serangan Persipura mulai gencar. Di menit 63 tendangan jarak jauh menyusur tanah Boaz masih jauh di sisi kanan gawang lawan. Tim tamu yang bermain bertahan mencoba balik menyerang lewat kaki Qiu Li dan Bruno dimenit ke 64 dan 65, tapi sepakan keras kedua pemain itu masih bisa ditepis kiper Yoo Jae Hoon.

Di menit 80 pertandingan sempat terhenti dua menit lamanya karena penonton Persipura di tribun Utara dan Liverpool melakukan pelemparan botol air mineral ke dalam lapangan karena menilai hakim garis tidak adil, setelah memberikan tendangan bebas ke tim lawan.

Kemudian di menit ke 84 dan 85 sepakan Titus Bonai belum berhasil menjebol gawang Home United. Tendangan jarak jauh pemain bertahan Persipura Dominggus Fakdawer yang maju kedepan membantu penyerangan di menit ke 87 masih jauh dari sasaran.

Tim tamu juga mendapatkan peluang di menit akhir waktu normal lewat kaki Fazhrul tapi tidak gol. Dan hingga pertambahan waktu lima menit, kedua tim tidak lagi menambah gol. Kedudukan 2-0 untuk keunggulan tim tamu Home United tetap bertahan.

"Kami sebagai jajaran pelatih kecewa juga dengan hasil ini. Tapi anak-anak sudah tunjukkan permainan terbaiknya," kata Pelatih Persipura Jacksen F Tiago kepada pers.

Sementara itu pelatih Home United Lee Li Saeng berkata,"Kami memang dari awal ingin meraih poin di kandang Persipura dan hal itu terwujud dengan kemenangan 0-2 tadi. Anak-anak sudah membuktikan diri dan pemain Persipura juga miliki peluang gol tapi saya hal itu tak kunjung datang," katanya.

Susunan pemain:

Persipura: 1. Yoo Jae Hoon (kiper), 8. Lim Jun Sik, 12, Nelson Alom, 13. Ian L Kabes (kapten), 14. Ruben Sanadi, 17. Feinando Pahabol/Izaac Wanggai, 24. Foday Boakai Eddie/Titus Bonai, 31. Dominggus Fakdawer, 33. Lukas Mandowen/Boaz TE Salossa, 44. Yohanis Tjoe, 45. Bio Paulin.

Pelatih Jacksen F Tiago (Brasil).

Home United: 4. Juma'at Jantan (kapten), 7. Bruno, 9. Emuejeraye Precious, 10. Yasir, 11. M. Izzdin SBY, 13. Lee Kwan Woo, 14. Shahril Bin Jantan (kiper), 16. Qiu Li, 17 Fazrul Nawas, 18. Camara, 19. Indra Sahdan.

Pelatih Lee Li Saeng (Korea Selatan).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement