Kamis 24 Apr 2014 21:23 WIB

Timnas U-19 Lolos Dari Grup Maut Piala Asia

Rep: satria kartika yudha/ Red: Taufik Rachman
Timnas U19
Foto: Republika/ Edwin Dwi Putranto
Timnas U19

REPUBLIKA.CO.ID,YANGON - Tim nasional sepak bola Indonesia U-19 tergabung dalam grup yang relatif mudah pada putaran final Piala Asia U-19 2014 di Myanmar, 9-23 Oktober mendatang.

Berdasarkan hasil undian di Hotel Yangon, Myanmar, Kamis (24/4) malam, Indonesia tergabung di Grup B bersama Uzbekistan, Australia dan Uni Emirat Arab (UEA). Grup maut Piala Asia ada di Grup C, terdiri dari Vietnam, Cina, Jepang, dan Korea Selatan.

Tuan rumah Myanmar berada di Grup A bersama Iran, Thailand, dan Yaman. Sementara Grup D berisikan Irak, Korea Utara, Qatar, dan Oman. Evan Dimas dkk. setidaknya sudah cukup memahami gaya permainan UEA karena sebelumnya dua kali beruji coba dalam program Tur Timur Tengah melawan tim yang menjadi juara Piala Asia pada 2008 tersebut.

 Timnas U-19 menang dengan skor 4-1 dan 2-1 pada dua pertemuan tersebut.  Meski begitu, timnas U-19 tidak boleh meremehkan Australia dan Uzbekistan. Pada 2010, Australia mampu menjadi runner-up dan sudah dua kali menjadi semifinalis pada 2008 dan 2012.

Sementara Uzbekistan juga pernah menjadi runner-up pada 2008 dan berhasil lolos ke semifinal pada 2012. Striker timnas U-19 Muchlis Hadi tidak ingin menganggap grup ini sebagai grup mudah. Baginya, semua lawan yang lolos ke putaran final adalah tim kuat.

"Kami selalu menganggap bahwa semua lawan sama saja. Tidak ada yang berat dan tidak ada yang mudah," kata Muchlis kepada Republika. Sejak awal, kata Muchlis, pelatih Indra Sjafri sudah meminta para pemain untuk tidak memilih-milih lawan.

Bahkan, Muchlis pun mengaku santai ketika menunggu hasil undian. Bila tadinya tergabung bersama Korea Selatan ataupun Jepang, dia menegaskan timnas U-19 sama sekali tidak gentar.

"Prinsip yang selalu kami tekankan adalah bahwa tidak ada yang perlu ditakuti kecuali Allah dan orang tua," Muchlis menambahkan. Dengan hasil undian ini,  bukan hal mustahil bagi timnas U-19 untuk finis di dua besar fase grup untuk melaju ke babak perempat final.

Dan jika berhasil menembus semifinal, timnas U-19 bakal tampil di Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru. "Semoga mimpi kami untuk bermain di Piala Dunia dapat terwujud. Mohon doanya," ujar Muchlis.

Menjadi semifinalis pada Piala Asia U-19 memang menjadi target minimal yang harus diraih timnas U-19. Pasukan Indra Sjafri sudah melakukan persiapan sejak November 2013.

Setelah merampungkan Tur Nusantara dan Tur Timur Tengah, para penggawa timnas U-19 akan terus meningkatkan kualitas permainannya melalui program uji coba.  Terdekat, timnas U-19 bakal beruji coba melawan Myanmar U-19 pada 5 Mei dan Liverpool U-18 pada 25 Mei di Jakarta.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement