Kamis 01 May 2014 05:55 WIB

Kota Palu Jadi Incaran Investor

Red: Yudha Manggala P Putra
A farmer collects dried salt during the harvest time in Palu, Central Sulawesi.
Foto: Antara/Muhamad Nasrun
A farmer collects dried salt during the harvest time in Palu, Central Sulawesi.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Kota Palu saat ini menjadi incaran investor mengingat pertumbuhan ekonomi di daerah itu terus menggeliat. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Palu Maswati di Palu, Rabu (30/4).

Menurutnya banyaknya investasi itu tentu saja akan menyerap ribuan tenaga kerja di berbagai sektor. Karena itu, dia berharap tenaga kerja mempersiapkan diri dengan sumber daya manusia berkualitas agar mampu bersaing di tengah pesatnya pertumbuhan ekonomi.

Maswati mengatakan, Palu sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah memiliki sumber daya alam melimpah sehingga menjadikan pilihan utama bagi para investor.

"Apalagi infrastruktur di Palu sudah lengkap, ada bandara dan pelabuhan yang sangat mendukung investasi," ujarnya.

Dia mengatakan, infrastruktur Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kota Palu mulai dibangun pada 2015 dan akan turut memicu pertumbuhan ekonomi di daerah ini.

Sebelumnya Rusdy Mastura menyebut ada 57 perusahaan berasal dari dalam maupun luar negeri yang telah mendaftar untuk berinvestasi di kawasan ekonomi khusus yang terletak di bagian utara kota ini.

Perusahaan tersebut antara lain bergerak di bidang perakitan mobil, pertambangan, pengolahan hasil perkebunan dan perikanan, pergudangan serta di sektor jasa.

Total investasi yang akan terserap di kawasan ekonomi khusus Kota Palu itu sekitar Rp56 triliun.

Sementara itu dari lahan KEK seluas 1.500 hektare nantinya akan dibagi menjadi kawasan industri seluas 700 hektare, kawasan perumahan 500 hektare, taman pendidikan dan pusat penelitian 100 hektare, kawasan komersial 100 hektare, kawasan olahraga 50 hektare, pergudangan 15 hektare, dan kawasan lain-lain mencapai 5 hektare.

Pembangunan infrastruktur pendukung KEK Kota Palu ditargetkan akan selesai selama tiga tahun. Infrastruktur itu antara lain jalan tol, instalasi listrik dan air, serta perluasan pelabuhan dan bandara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement