Kamis 22 May 2014 06:40 WIB

Pangeran Charles Samakan Putin dengan Hitler

Rep: C66/ Red: Didi Purwadi
Pangeran Charles
Foto: Reuters/Mark Blinch
Pangeran Charles

REPUBLIKA.CO.ID, CHARLOTTETOWN -- Pangeran Charles membandingkan tindakan terbaru Presiden Rusia, Vladimir Putin, dengan pemimpin Nazi, Adolf Hitler, pada Rabu (22/5). Hal itu ia katakan sebagai tanggapan atas tindakan Putin selama ini pada Ukraina.

Pernyataan Charles ini langsung menjadi berita utama di seluruh dunia. Media Rusia bahkan mengatakan jika hubungan Inggris dan Rusia dapat memanas akibat adanya pernyataan tersebut.

"Hal ini dapat memperumit hubungan antara Inggris dan Rusia yang saat ini sudah keruh," ujar harian Moskovsky Komsomolets, salah satu media paling populer di Rusia, menulis dalam situs webnya.

Salah seorang korban kekejaman Nazi di masa lalu, Marienne Ferguson (78), menyatakan jika ia sependapat dengan Charles. Ferguson yang kehilangan keluarganya pada usia 13 tahun karena kekejaman Nazi mengatakan Putin telah melakukan hal yang menunjukkan kekejaman seperti Hittler.

Kantor kerajaan, Clarence House, mengatakan bahwa pernyataan Pangeran Charles bukanlah pernyataan politik. Pangeran Charles tidak berusaha untuk membuat suasana tegang diantara kedua negara dan hal itu murni komentar pribadi dari Charles.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement