Kamis 22 May 2014 20:19 WIB

Makanan Terbaik Untuk Pelari Maraton (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
pelari marathon
Foto: antara
pelari marathon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet adalah salah satu aspek terpenting dari setiap kegiatan berolah raga, tak terkecuali maraton. Diet makanan bagi orang yang hobi maraton seperti atlet itu setengah rumit, meliputi karbohidrat dipagi hari, camilan pagi, makan siang, camilan sore, dan maan malam.

Secara umum, komposisi dan jenis makanannya juga tidak boleh terlalu sering berganti alias monoton, sebab jika terlalu bervariasi maka menyebabkan gangguan perut, bahkan kebocoran lambung.

ROLers, berikut adalah makanan yang direkomendasikan bagi mereka yang disiplin maraton, dilansir dari Easy Good Health, Kamis (22/5).

3. Sereal bar dan camilan

Ada makanan ringan yang dibuat khusus untuk pelari maraton. Mereka adalah sereal bar. Granola bar dan Gatorade bisa melancarkan pencernaan makanan pelari maraton. Coklat dan biskuit bisa masuk dalam menu ini.

4. Buah

Buah-buahan sangat penting untuk memberikan pelari maratn karbohidrat, protein, dan vitamin. Buah yang sebaiknya dikonsumsi adaah pisang, pir, peach, apel, pepaya, aprikot, dan cranberry. Sebaiknya ini dikombinasikan dengan buah-buahan kering yang sering dibuat menjadi camilan ringan. Buah-buahan dingin juga dianjurkan.

5. Sayuran segar

Sayuran yang dimaksud adalah sayuran segar alias organik, bukan sayuran dengan tingkat residu pestisida yang tinggi.

ROLers, keberhasilan maraton itu sangat tergantung pada diet yang tepat. Proporsi yang tepat dari masing-masing komponen makanan juga esensinya akan melancarkan pencernaan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement