Jumat 30 May 2014 19:21 WIB

Indonesia Rebut Emas Kejuaraan Asia Perahu Naga

Red: Citra Listya Rini
Tim Perahu Naga Indonesia
Foto: ANTARA FOTO
Tim Perahu Naga Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Tim dayung Indonesia sukses meraih medali emas Kejuaraan Asia Perahu Naga 22 pedayung jarak 200 meter putra. Penampilan gemilang tim Merah Putih terwujud setelah memperdaya rival beratnya, Thailand.

Pedayung Indonesia yang dikomandoi Sofianto mencapai finis terdepan dengan catatan waktu 0.45.109 detik. Menyusul Thailand dengan waktu 0.45.299 detik dan tuan rumah Tiongkok 0.45.303 detik. 

Pedayung tuan rumah harus puas dengan perolehan medali perunggu karena mencapai finis di urutan ketiga. Nasib menggembirakan 22 pedayung putra Indonesia tidak diikuti 12 pedayung putri karena mencapai finis di urutan keempat.

"Atlet dan ofisial senantiasa memohon dukungan dan doa rakyat Indonesia agar dapat memenangi beberapa pertandingan lanjutan," kata Pelatih nasional Herman Harun, Jumat (30/5).

Tim perahu naga Indonesia kembali mempersiapkan diri menghadapi pertandingan lanjutan nomor 500 meter putra-putri yang akan memulai babak penyisihan besok (31/5). Pedayung Indonesia yang dimanajeri Brigjen Mar. Yong Mardinal masih menyisahkan empat nomor pertandingan putra-putri.

Empat nomor pertandingan tersebut adalah jarak 500 meter dengan 10 pedayung putra-putri dan 22 pedayung putra-putri. "Kami tidak akan menjadi penonton pada jarak 500 meter. Kami yakin dapat merebut medali emas," kata Herman.

Kejuaraan Asia perahu naga adalah ajang strategis bagi timnas Indonesia yang sedang menjalani pemusatan latihan nasional. "Kejuaraan Asia yang diikuti pedayung handal dunia merupakan ajang evaluasi atlet nasional yang dipersiapkan menyambut Asian Games Desember 2014," ujar Herman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement