Ahad , 15 Jun 2014, 04:02 WIB

Kejutan, Kosta Rika Pecundangi Uruguay 3-1

Red: Agung Sasongko
Kiper Uruguay, Fernando Muslera tertunduk lesu ketika timnya kalah 1-3 dari Kosta Rika
Foto Reuters

Kiper Uruguay, Fernando Muslera tertunduk lesu ketika timnya kalah 1-3 dari Kosta Rika

REPUBLIKA.CO.ID, FORTALEZA -- Mampu meladeni serangan Uruguay sejak awal, Kosta Rika tampil begitu efektif. Sangat layak bagi Kosta Rika mendapatkan tiga poin pada laga perdana mereka di grup D. Sebaliknya, Uruguay justru tampil kurang menggigit.

Memang, penalti striker Uruguay, Edison Cavani membawa Uruguay unggul 1-0 pada menit ke-23. Hadiah pinalti diberikan wasit setelah Kapten Uruguay David Lugano dilanggar pada kotak terlarang. Pemain yang membela Paris St Germain ini pun dengan dingin sukses melaksanakan tugasnya. Hingga turun minum babak pertama tidak ada gol yang bertambah.

Memasuki babak kedua, Uruguay kembali mendominasi permainan. Pada menit ke-52 Cavani hampir saja menggandakan keunggulan. Sayang, tendangan pemain Paris Saint-Germain tersebut masih melambung di atas mistar gawang.

Asyik menyerang, Uruguay dikejutkan dengan aksi Joel Campbell di menit 54. Memanfaatkan bola muntah di kotak penalti, penyerang Kosta Rika tersebut tanpa ampun menghukum kelengahan Uruguay. 1-1 kedudukan.

Selang tiga menit, kejutan kembali terjadi. Kali ini Duarte yang menjadi aktornya. Tandukan Duarte hasil dari tendangan bebas Bryan Ruiz tak mampu dihalau Muslera. 2-1 Kosta Rika memimpin.

Demi mengejar ketertinggalan, Oscar Tabarez menarik keluar Forlan dan Gargano yang kurang bermain maksimal digantikan dengan Lodeiro dan Gonzalez.

Terus mengurung lini pertahanan Kosta Rika tak mampu membuat Uruguay mencetak gol. Rapatnya lini pertahanan Kosta Rika yang menumpuk hampir sebagian besar pemainnya di dalam kotak penalti jelas menyulitkan Uruguay.

Meski terus diserang, Kosta Rika malah berhasil menambah keunggulan menjadi 3-1 enam menit sebelum bubaran. Urena yang masuk menggantikan Bryan Ruiz berhasil melakukan tendangan menyilang memanfaatkan umpan matang dari Campbell.

Pertandingan semakin memanas. Pada masa injury time, Maxi Pereira terpaksa harus di kartu merah akibat tendangan kerasnya terhadap Campbell.

Hingga peluit terakhir skor tak berubah. Kosta Rika secara sensasional mampu mengalahkan Uruguay dengan skor 3-1. Hasil yang sangat mengecewakan tentunya bagi Uruguay mengingat Inggis dan Italia sudah menunggu di pertandingan berikutnya.

Susunan Pemain :

Uruguay :

1.Muslera; 2.Lugano, 3.Godin, 22.Caceres, 16.Pereira; 5.Gargano (20. Gonzalez '60), 17.Rios, 7.Rodriguez (8.Herndandez '76), 11.Stuani; 21.Cavani, 10.Forlan (14.Lodeiro '60)

Kosta Rika:

1.Navas; 3.Gonzalez, 4.Umana, 6.Duarte, 15.Diaz, 16.Gamboa; 10. Ruiz (21. Urena '83), 17.Tejeda (22.Cubero '75), 5.Borges, 7.Bolanos (11.Barrantes '89); 9.Campbell

Uruguay vs Kosta Rika

Gol 1-3 Cavani 24', Campbell '54, Duarte '57, Urena '84

Total Tembakan 9-13

Tendangan Penjuru 5-6

Lemparan Ke Dalam 31-24

Pelanggaran 20-18

Offside 6-2

Tackling 15-20

Kartu Kuning 3-0

Kartu Merah 1-0

Penguasaan Bola 56% - 44% 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
grup d uruguay vs kosta rika
Berita Terpopuler
Berita Lainnya