Jumat 20 Jun 2014 12:17 WIB

Jakarnaval Kembali Digelar

Red: Esthi Maharani
Ribuan warga menyaksikan perayaan Jakarnaval 2013 di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (30/6).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ribuan warga menyaksikan perayaan Jakarnaval 2013 di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (30/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali akan menggelar Jakarnaval untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-487 Kota Jakarta pada Ahad (22/6), dengan thema "Keajaiban Topeng Nusantara."

Festival budaya tersebut akan dimulai pada pukul 15.00 hingga 18.00 WIB dengan rute Silang Barat Daya Monas-Jalan MH Thamrin-Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Ada banyak ragam dan bentuk topeng yang tersebar di nusantara dan sangat kaya akan kreatifitas. Tema itu pun bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai seni budaya topeng," kata Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Wisata Disparbud DKI Ida Zubaidah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (20/6).

Menurut dia, tema tersebut sengaja diangkat untuk menumbuh-kembangkan minat masyarakat akan seni budaya bangsa, sehingga seni budaya topeng nusantara tetap lestari di tanah air.

"Yang lebih penting, melahirkan kreatifitas baru dalam melestarikan tradisi topeng nusantara dalam format karnaval. Dan pada akhirnya dapat dijadikan warisan budaya serta terdaftar di UNESCO," ujar Ida.

Sebagai tahap persiapan, Disparbud DKI bekerja sama dengan Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) melalui workshop pada 15 hingga 20 Juni 2014 yang diikuti oleh 300 peserta dari berbagai komunitas seni budaya.

"Para peserta workshop mendapatkan pengarahan dan pendampingan dari para pengajar profesional untuk membuat karya topeng dan kostum yang akan digunakan oleh masing-masing peserta dalam Jakarnaval 2014," tutur Ida.

Pawai Jakarnaval 2014 akan menampilkan 1.200 peserta jalan kaki, lima topeng raksasa, penampilan lima grup dari Bali, Ponorogo, Solo, Indramayu dan Kalimantan Timur, serta 30 unit mobil hias bertema topeng nusantara.

Kepada para pengunjung dan pengguna jalan disampaikan bahwa selama acara berlangsung akan dilakukan penutupan di ruas Jalan MH Thamrin mulai pukul 14.00 hingga 18.00 WIB demi kenyamanan bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement