Selasa 24 Jun 2014 15:00 WIB

Ticos Siap Ukir Sejarah

Red:

BELO HORIZONTE -- Kosta Rika telah berhasil mengulang sejarah dengan kembali lolos ke babak 16 besar Piala Dunia menyamai prestasi mereka pada Piala Dunia 1990. Tak tanggung-tanggung, mereka mengalahkan dua mantan juara dunia, Italia dan Uruguay.

Kini, tim berjuluk Ticos itu ingin mengukir sejarah dengan menjadi juara grup untuk pertama kalinya. Caranya adalah dengan mengalahkan mantan juara dunia lainnya, Inggris, yang telah dipastikan tersingkir dari turnamen setelah mengalami dua kekalahan pada dua laga.

Pertandingan ketiga Grup D Piala Dunia 2014 tersebut akan berlangsung di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Selasa (23/6) malam WIB.

"Kami telah mengulang sejarah, tapi kami ingin menjadi yang tak terkalahkan," ujar gelandang Kosta Rika Celso Borges. "Kami ingin melanjutkan membuat memori yang tak terlupakan bagi rakyat Kosta Rika. Saya kira, mereka pantas mendapatkannya," tambah pemain klub Swedia, AIK, tersebut.

Pada Piala Dunia 1990 yang diselenggarakan di Italia, Kosta Rika finis di posisi kedua Grup C di bawah Brasil. Tapi, pada babak 16 besar mereka langsung kalah 1-4 dari Cekoslowakia.

"Saya tidak bisa mengatakan sampai di mana batas kami karena memang saya  tidak tahu. Yang kami tahu, pada akhirnya kami akan mencapainya. Akan tetapi, kini kami ingin melanjutkan mimpi untuk membuat sejarah untuk negara kami," tambah Borges.

Pelatih Kosta Rika Jorge Luis Pinto mengatakan, ia akan mengistirahatkan sejumlah pemain intinya pada laga melawan Inggris. Meskipun demikian, ia tetap akan mencari kemenangan dari skuat Roy Hodgson sekaligus membuat sejarah untuk pertama kalinya menjadi juara di fase grup Piala Dunia.

"Untuk laga melawan Inggris, kami akan membuat sejumlah perubahan karena hal itu adalah kebutuhan untuk memberikan istirahat kepada sejumlah pemain. Akan tetapi, itu tidak berarti kami akan bermain santai pada laga terakhir nanti. Kami tetap akan mencari kemenangan," kata pelatih asal Kolombia itu.

Sementara itu, Inggris akan bermain demi harga diri pada laga terakhirnya. Apalagi, tim yang akan mereka hadapi adalah tim yang membuat mereka tersingkir dari Piala Dunia edisi kali ini. Sebelumnya, Inggris belum otomatis masuk kotak usai mengalami kekalahan dari Uruguay. Namun, kekalahan Italia dari Kosta Rika membuat the Three Lions harus mengucapkan selamat tinggal kepada Piala Dunia.

Ini adalah Piala Dunia terburuk Inggris sejak 1958, saat skuat the Three Lions terakhir kalinya tersingkir pada fase penyisihan grup. Setelah tahun itu, selama hampir enam dekade, juara Piala Dunia 1966 itu tak pernah absen dari babak 16 besar.

"Fans pantas mendapatkan hasil kemenangan dari Kosta Rika," ujar striker Inggris Rickie Lambert.

rep:c60/ap  ed: fernan rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement