Senin 07 Jul 2014 10:08 WIB

Pemkot Jayapura Siapkan Lahan untuk PON 2020

Red: Erik Purnama Putra
Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano
Foto: Ist
Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA  - Pemerintah Kota Jayapura, Papua mengaku siap memberikan lahan untuk pembangunan stadion guna pelaksanaan PON XX pada tahun 2020. "Pemerintah Kota Jayapura sudah menyiapkan lahan untuk membangun stadion pada PON XX," kata Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano di Jayapura, Senin (7/7).

Dia mengatakan, pembangunan stadion itu akan didukung dengan terbentuknya jembatan Hamadi-Holtekamp yang akan selesai pada 2015-2016. "Pemikiran saya begini, kalau jembatan yang lewat ke Hamadi-Holtekam itu selesai dalam dua tahun, maka pemerintah kota dan masyarakat Distrik Muara Tami harus siapkan lahan untuk membangun stadion yang layak yang dipakai untuk pembukaan PON 20 tahun 2020," katanya.

Penyediaan lahan tersebut kata mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah itu, telah dikoordinasikan dengan para pemilik hak ulayat setempat. "Dan kami siap, yang dibutuhkan berapa hektare pun lahan kami siap. Saya sudah koordinasi dengan Ondoafi (pemilik lahan) di sana, kami siap untuk program dari bapak Gubernur Lukas Enembe," katanya.

Apa lagi pendanaan pembangunan jembatan Hamadi-Holtekam yang akan menjadi jalan alternatif penghubung pusat Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami didukung oleh dana APBN. "Dengan dibangunnya jembatan Hamadi-Holtekam, pada 2015 hinga 2016 itu sudah diselesaikan. Dan itu dibiayai oleh Pemerintah Pusat. Dan kami siap dukung pelaksanaan PON XX," katanya.

"Untuk pembebasan lahan, tinggal persetujuan bapak gubernur, jika setuju. Kami siap untuk lahan dan kami siap untuk mengurusnya," tambah Benhur Tommy Mano yang juga ketua umum klub Persipura Jayapura itu.

Provinsi Papua bersiap lebih dini untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional 2020 setelah pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga mengeluarkan keputusan terkait dengan lokasi.

Gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan setelah ada keputusan pihaknya langsung bergerak cepat untuk menyiapkan segala sesuatunya sesuai dengan program yang telah dibuat sebelumnya.

"Kami tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Makanya kami terus melakukan koordinasi dengan semua pihak demi kesuksesan PON nanti," katanya di kantor Kemenpora Jakarta pada April lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement