Warga Berkeliling Jualan Bungkus Ketupat

Red: Julkifli Marbun

Ahad 27 Jul 2014 21:00 WIB

Ketupat Foto: Republika/Raisan Al Farisi Ketupat

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Warga berasal dari berbagai desa di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, berkeliling ke perumahan-perumahan untuk menjajakan bungkus ketupat pada H-1 Lebaran 2014, Minggu.

"Setiap menjelang Lebaran, saya jual keliling ketupat (bungkus ketupat, red)," kata Musta'in (49), seorang warga Dusun Wonolelo, Desa Bandongan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang di Magelang, Minggu.

Ia mengaku mulai menganyam bungkus ketupat yang terbuat dari janur itu sejak Sabtu (26/7) sore hingga malam hari untuk selanjutnya pada pagi harinya dijual berkeliling ke berbagai perumahan warga di daerah itu.

Harga bungkus ketupat Rp5.000 untuk satu ikat berisi antara 11-12 bungkus, sedangkan janur untuk bahan pembuatan bungkus ketupat, dipetik dari pohon kelapa di pekarangannya.

Seorang warga setempat lainnya, Slamet (40), juga mengaku berjualan ketupat keliling ke rumah-rumah warga telah menjadi kebiasannya selama bertahun-tahun, setiap menjelang Lebaran.

"Ada yang dijual di rumah-rumah tetangga, tetapi ada juga yang dibawa ke Pasar Bandongan dan ke Pasar Rejowinangun (Kota Magelang, red.)," katanya.

Kepala Dusun Wonolelo Pangadi mengatakan sejumlah warga setempat pada H-1 Lebaran memiliki kebiasaan menjual bungkus ketupat, baik di pasar-pasar tradisional maupun berkeliling ke rumah-rumah warga.

Seorang warga Perumahan Griya Kharisma Indah, Desa Ngadirojo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Wiwin, mengaku membeli bungkusan ketupat dari seorang pedagang yang berkeliling melewati jalan depan rumahnya.

"Tadi pagi ada yang lewat pakai sepeda motor dengan membawa karung besar isi bungkus ketupat, saya membeli 40 bungkus, empat ikat. Harganya satu ikat Rp5.000," katanya.

Penjualan bungkus ketupat juga terlihat ramai di berbagai pasar tradisional di Kota Magelang, seperti Pasar Kebonpolo, Rejowinangun, Gotong-Royong, dan Cacaban.

Di Pasar Payaman, Secang, Grabag, Bandongan, Windusari, dan Muntilan di Kabupaten Magelang juga terlihat ramai warga yang berbelanja bungkus ketupat dari pedagang musiman itu.

"Tadi saya belinya di Pasar Bonpolo (Kebonpolo, red), harganya juga Rp5.000 untuk satu ikat isinya 10 bungkus. Kalau Lebaran tahun kemarin Rp3.000-Rp4.000 per ikat," kata seorang warga sekitar Pasar Kebonpolo Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Kurniawati.

Terpopuler