Sabtu 02 Aug 2014 16:30 WIB

Ini Perusahaan yang Terkait Pendanaan Permukiman Israel

Rep: c92/ Red: Joko Sadewo
Warga Palestina memprotes pemukiman Israel
Foto: AP/Majdi Mohammed
Warga Palestina memprotes pemukiman Israel

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE TOWN, AFRIKA SELATAN – Uskup Agung Emeritus Desmond Tutu, aktivis Afrika Selatan yang berjuang mengakhiri politik aparteid bergabung dalam kampanye internasional pemboikotan dana dukungan untuk Israel di seluruh dunia.

Ia menyerukan agar perusahaan-perusahaan, yang memberikan keuntungannya untuk mendukung kependudukan Palestina, menarik dana mereka. Berikut perusahaan-perusahaan tersebut di antaranya:

1. Hewlett Packard (HP)

2. G4S

3. Catterpullar

4. ABP, dan Veolia.

Perusahaan ini telah memberikan dukungan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap aktivitas pendanaan di wilayah-wilayah pendudukan yang melayani pemukiman Israel yang illegal berdasar hukum internasional.

Panggilan untuk menghentikan investasi datang setelah beberapa perusahaan publik menarik diri beberapa bulan terakhir. Dana pensiun Belanda PGGM menarik puluhan juta euro dari Bank Israel, Lembaga Bill dan Melinda Gates melakukan divestasi perusahaan keamanan G4S, dan Gereja Presbyterian AS melakukan divestasi sekitar 21 juta dollar dari HP, Motorola Solutions, dan Catterpillar.

Hal ini juga menindaklanjuti peringatan yang dikeluarkan 17 negara Uni Eropa awal Juli lalu yang mendesak warganya menghindari bisnis dan investasi di pemukiman legal Israel.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ جِئْتُمُوْنَا فُرَادٰى كَمَا خَلَقْنٰكُمْ اَوَّلَ مَرَّةٍ وَّتَرَكْتُمْ مَّا خَوَّلْنٰكُمْ وَرَاۤءَ ظُهُوْرِكُمْۚ وَمَا نَرٰى مَعَكُمْ شُفَعَاۤءَكُمُ الَّذِيْنَ زَعَمْتُمْ اَنَّهُمْ فِيْكُمْ شُرَكٰۤؤُا ۗ لَقَدْ تَّقَطَّعَ بَيْنَكُمْ وَضَلَّ عَنْكُمْ مَّا كُنْتُمْ تَزْعُمُوْنَ ࣖ
Dan kamu benar-benar datang sendiri-sendiri kepada Kami sebagaimana Kami ciptakan kamu pada mulanya, dan apa yang telah Kami karuniakan kepadamu, kamu tinggalkan di belakangmu (di dunia). Kami tidak melihat pemberi syafaat (pertolongan) besertamu yang kamu anggap bahwa mereka itu sekutu-sekutu (bagi Allah). Sungguh, telah terputuslah (semua pertalian) antara kamu dan telah lenyap dari kamu apa yang dahulu kamu sangka (sebagai sekutu Allah).

(QS. Al-An'am ayat 94)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement