Ahad 03 Aug 2014 19:02 WIB

Ini Tip Sehat Pasca Lebaran

Rep: neni ridarineni/ Red: Damanhuri Zuhri
Lambung.
Foto: Edoctoronline.com
Lambung.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Pasca Lebaran dan mudik Lebaran seseorang pasti mengalami kelelahan. Padahal bagi yang bekerja, Senin (4/8) sudah harus bekerja kembali.

Agar tetap sehat dan bagi seseorang yang mempunyai penyakit kronik (mungkin Diabetes Mellitus, hipertensi, gangguan asam urat, jantung, dan lain-lain), Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama mem berikan beberapa tip.

Bagi yang sudah mempunyai penyakit kronik ada kemungkinan kambuh atau memburuk penyakitnya.  Hal itu bisa terjadi  karena lupa makan obat rutin ketika  sibuk mudik  atau libur panjang, konsumsi makanan tidak terukur dan juga mungkin kelelahan.

Karena itu, Tjandra menyarankan, perlu  mencek ulang kesehatan atau penyakit kronik yg memang selama ini dimiliki.

Menurut dia,  dampak dari kelelahan aktifitas liburan dan pulang mudik tentu dapat membuat kinerja menurun, dan daya tahan tubuh turun, sehingga lebih mudah sakit.

Pemecahannya, kata Prof Tjandra, sebaiknya memang ada waktu istirahat pemulihan dulu sebelum masuk bekerja, selain itu onsumsi makanan bergizi dan bila perlu vitamin.

Pasca Lebaran masalah kesehatan yang sering dialami adalah kemungkinan gangguan saluran cerna, yang terdiri dari dua  bagian, yaitu infeksi akibat makanan tidak higiene ketika mudik, berwisata dan kemungkinan lain gangguan lambung akibat pola makan yang banyak dan tidak teratur. Pemecahannya, segeralah kembali ke pola makan sehat dan seimbang, saran dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement