Senin 18 Aug 2014 10:43 WIB

30 Penyelam Kibarkan 'Merah Putih' di Bawah Laut

Red: M Akbar
Pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut
Foto: republika
Pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sebanyak 30 orang penyelam dari beberapa instansi di Sumatera Barat, telah mengibarkan bendera Merah Putih di bawah permukaan laut untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2014.

Para penyelam profesional itu merupakan gabungan dari sejumlah instansi, yakni dari Diving Proklamator Universitas Bung Hatta (UBH), Marine Diving Universitas Riau (Unri) dan Kurau Diving Unri, kata Humas UBH Indrawadi di Padang, Senin (18/8).

Kemudian ikut bergabung Korps Brigadir Mobil (Brimob) Padang Panjang, Badan Pelestarian Cagar Budaya Batusangkar, Andalas Diving, BPSPL serta dari ASDP, jelasnya.

Ia mengatakan pengibaran bendera Merah Putih ini sebagai rangkaain kegiatan para penyelam melaksanakan upacara HUT ke-69 Kemerdekaan RI di bawah permukaan laut Kota Padang.

Kegiatan dipusatkan pada lokasi dasar Laut "Gosong Kapal" di Perairan Kota Padang, katanya.

Ia menjelaskan gelaran upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di bawah laut tersebut di bagi dua tim, tim satu bertindak menaikkan bendera di ikuti peserta lainnya dengan mengenakan peralatan selam lengkap.

Sementara tim lainnya mengikuti dengan bersnokling di permukaan, sedangkan tim dua bertugas untuk menurunkan bendera pada sore harinya yang juga di ikuti peserta lainnya dengan cara yang sama pada pukul 16.00 WIB.

Seorang mahasiswa UBH, Ardi (19) mengatakan turut bangga dengan suksesnya pengibaran Merah Putih di bawah permukaan laut tersebut dan berharap agar menginpsirasi semangat generasi muda ikut mempertahankan Kemerdekaan RI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement