Rabu 20 Aug 2014 09:40 WIB

Rusia akan Perkuat Angkatan Lautnya

Red: Yudha Manggala P Putra
Kapal perang Rusia
Kapal perang Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia mengumumkan rencananya memperkuat angkatan laut mereka dengan senjata lebih maju. Itu dilakukan sebagai tanggapan atas janji NATO kepada Ukraina untuk menghentikan tekanan Kremlin.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengatakan dalam satu pertemuan keamanan umum bahwa dia berharap mendengar satu laporan terinci dari panglima AL Rusia mengenai bagaimana hal ini dapat dicapai secara efisien dalam enam tahun ke depan.

"Proposal-proposal ini harus menjamin bahwa pasukan kita dilengkapi lagi dengan persenjataan modern dan peralatan militer," kata Shoigu yang dikutip kantor-kantor berita Rusia, Selasa (20/8).

Strategi baru itu "juga harus memperbaiki kesiapan operasional pasukan AL Rusia di lokasi-lokasi yang memberikan ancaman strategis sangat besar," kata dia.

"Saya tak akan sembunyikan ini yang sebagian besar terkait dengan kejadian-kejadian bulan-bulan terakhir," merujuk kepada pemberotakan pro Rusia di bagian timur Ukraina.

NATO dan Amerika Serikat telah meningkatkan pertahanan udara di negara-negara bekas Soviet.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengungkapkan satu rencana keamanan senilai 1 miliar dolar AS untuk Eropa Timur dalam lawatannya ke Polandia Juni yang bertujuan membantu negara-negara bekas satelit Soviet yang kini dekat dengan Barat membangun tentara lebih modern.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement