Jumat 22 Aug 2014 16:51 WIB

Karawang akan Bangun Jembatan Layang di Sekitar Johar

Red: Yudha Manggala P Putra
Jembatan layang (Iluastrasi)
Foto: Antara Foto
Jembatan layang (Iluastrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan membangun jalan layang di sekitar Johar untuk mengatasi kemacetan yang selalu terjadi setiap hari di daerah tersebut.

"Beberapa titik wilayah perkotaan Karawang menjadi langganan macet. Salah satu upaya mengatasinya dengan membangun jembatan layang," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang Samsuri di Karawang, Jumat (22/8).

Dikatakannya, dalam jangka pendek ini Pemkab Karawang akan membangun jalan layang di sekitar Johar atau di jalan raya Wirasaba. Itu dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang selalu terjadi setiap pagi dan sore hari di titik tersebut.

Proyek pembangunan jembatan layang itu sudah masuk dalam perencanaan dan diharapkan bisa mulai dikerjakan pada tahun 2015, karena dalam APBD murni 2015, anggaran pembangunan jalan layang itu akan dimasukkan.

Pelaksanaan pembangunan jalan layang tersebut, kata dia, akan dilaksanakan oleh Dinas Bina Marga dan Pengairan Karawang. Sedangkan Bappeda hanya melakukan perencanaan. Sementara itu, jalan raya Wirasaba sekitar pasar Johar itu selalu macet hampir setiap hari, khususnya pada jam-jam sibuk seperti pagi dan sore.

Penyebab kemacetan di jalan tersebut antara lain banyaknya angkutan umum mengetem, lokasi bongkar-muat kendaraan besar pengangkut beras, perlintasan kereta api, dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement