Selasa 02 Sep 2014 12:01 WIB

Perbankan Syariah Berpotensi Raup 20 Persen Nasabah Lokal

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Kantor BRI Syariah
Foto: darmawan/republika
Kantor BRI Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat ekonomi syariah Adiwarman Karim menyatakan bahwa sebenarnya perbankan syariah dan asuransi syariah memiliki potensi untuk meningkatkan pangsa pasar. Hanya saja perbankan harus rajin mengembangkan produk ritel dan belajar dari kemampuan konvensional mengembangkan diri

Menurutnya, sebenarnya pangsa pasar bank syariah tergolong memiliki potensi untuk berkembang. Jika diukur dari jumlah nasabah, perbankan syariah dapat meraih 17-18 persen dari jumlah nasabah total bank. Bahkan, kata dia, sebentar lagi jumlah nasabah bank syariah dikisaran angka 20 persen.

Baca Juga

“Mudah-mudahan jumlah nasabah bank syariah 25-30 persen dalam lima tahun ke depan. Bahkan jumlah nasabah bisa menembus 50 persen dalam kurun waktu 10 tahun mendatang,” ujar dia kepada ROL, Selasa (2/9).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلٰمَيْنِ يَتِيْمَيْنِ فِى الْمَدِيْنَةِ وَكَانَ تَحْتَهٗ كَنْزٌ لَّهُمَا وَكَانَ اَبُوْهُمَا صَالِحًا ۚفَاَرَادَ رَبُّكَ اَنْ يَّبْلُغَآ اَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنْزَهُمَا رَحْمَةً مِّنْ رَّبِّكَۚ وَمَا فَعَلْتُهٗ عَنْ اَمْرِيْۗ ذٰلِكَ تَأْوِيْلُ مَا لَمْ تَسْطِعْ عَّلَيْهِ صَبْرًاۗ ࣖ
. Dan adapun dinding rumah itu adalah milik dua anak yatim di kota itu, yang di bawahnya tersimpan harta bagi mereka berdua, dan ayahnya seorang yang saleh. Maka Tuhanmu menghendaki agar keduanya sampai dewasa dan keduanya mengeluarkan simpanannya itu sebagai rahmat dari Tuhanmu. Apa yang kuperbuat bukan menurut kemauanku sendiri. Itulah keterangan perbuatan-perbuatan yang engkau tidak sabar terhadapnya.”

(QS. Al-Kahf ayat 82)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement