Selasa 09 Sep 2014 13:42 WIB

Payudara Sehat Dari A Sampai Z (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Perempuan perlu mengenali payudara mereka dari A-Z demi kebutuhan kesehatan.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Perempuan perlu mengenali payudara mereka dari A-Z demi kebutuhan kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wanita memandang payudaranya bagaikan memiliki hubungan antara cinta dan benci. Ada yang bangga dan bersemangat melihat payudaranya, namun setelah beberapa tahun terlihat kesal karena bentuknya tak seindah dulu.

Ada juga yang mengeluh payudaranya sakit ketika selesai lari atau jogging. Ada juga yang terobsesi memiliki payudara besar hingga rela melakukan operasi implan.

Wanita perlu mengenali payudara mereka dari A sampai Z. Tujuannya untuk mengantisipasi jika terdapat penyakit kronis yang harus diwaspadai. Berikut panduan mengenal payudara Anda secara keseluruhan, dilansir dari Health.com, Selasa (9/9).

A : Alkohol

Angka tidak bisa berbohong. Alkohol merupakan objek yang harus disalahkan untuk 11 persen penyebab kanker payudara di dunia. Menurut data the United Kingdoms Million Women Study, wanita yang gemar meminum bir, anggur, koktail, meski hanya satu gelas sehari akan meningkatkan risiko kanker payudara.

B : Breast-feeding (menyusui)

Ya, menyusui akan menyelamatkan hidup Anda dari kanker payudara. Data Womens Health Initiative menunjukkan bahwa ibu yang menyusui 12 bulan atau lebih sepanjang mengasuh bayinya memiliki risiko penyakit jantung dan kanker payudara yang kecil ketimbang mereka yang tidak menyusui anaknya. Studi baru menunjukkan bahwa wanita dengan riwayat keluarga pengidap kanker payudara akan memotong risiko mendapatkan penyakit yang sama sebelum menopause jika mereka menyusui langsung anak mereka.

C : Caffeine (kafein)

Pernahkan Anda mendengar hubungan antara kafein dan kanker payudara? Sekitar 200-300 miligram konsumsi kopi sekali sehari masih terbilang normal. Namun, jika melebihi itu? Seperti 2-3 cangkir kopi sehari, 1-2 gelas minuman berenergi, atau sekitar lima gelas minuman bersoda berisiko meningkatkan kanker payudara. Supaya aman, jangan mengonsumsinya berlebihan.

D : Dècolletage

Dècolletage adalah bintik-bintik matahari atau kerutan vertikal paling ditakuti yang terdapat di belahan dada. Ini terjadi jika Anda tak menggunakan tabir surya, misalnya ketika berjemur di pantai. Dokter kulit profesional di Chicago dan profesor klinis di Northwestern University Feinberg School of Medicine, Amy Taub mengatakan Anda harus menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi, ditambah dengan pelembab ketika berjemur di pantai atau mengenakan pakaian terbuka.

E : Eat right (makan yang benar)

Demi payudara sehat, maka perempuan perlu banyak makan buah dan sayuran, serta mengurangi daging berlemak. Penelitian terbaru menunjukkan sejumlah sayuran yang efektif melawan kanker payudara, yaitu brokoli, kembang kol, kubis, dan bok choy karena mengandung senyawa yang disebut isothiocyanate.

Ikan seperti salmon, tuna, dan trout kaya akan omega-3 dan merupakan sumber protein yang lebih sehat daripada daging. Paprika dan brokoli mengandung banyak flavonoid yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Yoghurt adalah makanan lezat sumber vitamin D dan bakteri sehat (probiotik).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement