Selasa 09 Sep 2014 16:00 WIB

Payudara Sehat Dari A Sampai Z (3)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Perempuan perlu mengenali payudara mereka dari A-Z demi kebutuhan kesehatan.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Perempuan perlu mengenali payudara mereka dari A-Z demi kebutuhan kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wanita memandang payudaranya bagaikan memiliki hubungan antara cinta dan benci. Ada yang bangga dan bersemangat melihat payudaranya, namun setelah beberapa tahun terlihat kesal karena bentuknya tak seindah dulu.

Ada juga yang mengeluh payudaranya sakit ketika selesai lari atau jogging. Ada juga yang terobsesi memiliki payudara besar hingga rela melakukan operasi implan.

Wanita perlu mengenali payudara mereka dari A sampai Z. Tujuannya untuk mengantisipasi jika terdapat penyakit kronis yang harus diwaspadai. Berikut panduan mengenal payudara Anda secara keseluruhan, dilansir dari Health.com, Selasa (9/9).

M : Mamogram

Tidak ada yang suka memiliki payudara datar bagaikan pintu kulkas. Tapi, wanita dengan payudara datar berisiko kecil terkena kanker payudara. Deteksi dini payudara Anda dengan mamogram, maka akan mengurangi risiko kematian akibat kanker hingga 15 persen.

N : Nipples (puting)

Puting susu Anda bisa saja berdiri tegak ketika dingin, terbalik, atau bergelombang. Tampaknya puting memiliki pikirannya sendiri. Bersama dengan areola di sekitarnya, puting bahkan bisa berubah warna selama atau setelah kehamilan. Berikut adalah beberapa masalah paling umum yang bisa Anda deteksi pada puting Anda.

Pertama, puting gatal yang biasanya disebabkan iritasi kulit sensitif, sehingga Anda mungkin perlu berganti sabun mandi. Puting yang gatal terus menerus bisa jadi menjadi tanda-tanda pre-menopouse. Jika gatal Anda tak kunjung hilang, maka periksakan segera ke dokter.

Kedua, puting yang terus membesar bisa menjadi tanda kehamilan, namun bisa juga sinyal penyakit. Apalagi jika membesarnya tidak sama antara kiri dan kanan. Anda mungkin terindikasi memiliki masalah tiroid atau bermasalah dengan obat-obatan tertentu.

O : Ouch! (Aduh!)

Sekitar 10 persen dari perempuan mengalami nyeri payudara lebih dari lima hari dalam sebulan. Biasanya, nyeri yang disebut mastalgia ini masuk ke dalam siklus perubahan hormon bulanan, sehingga payudara menjadi ekstra pegal. Jika rasa nyeri dan sakit itu tak tertahankan, cobalah periksa ke dokter.

Dokter kemungkinan akan menyarankan Anda mengonsumsi pil nyeri jika usia Anda 20 tahunan, atau mungkin menggunakan minyak evening primrose. Jika usia Anda lebih dari 35 tahun, maka disarankan melakukan mamogram. Banyak wanita yang khawatir bahwa nyeri payudara merupakan pertanda awal dari kanker payudara. Itu tidak selalu berlaku.

P : Plastic surgery (operasi plastik)

Berpikirlah dua kali jika ingin melakukan operasi payudara. Pertimbangkan jaringan parut yang dihasilkan dari operasi ini, waktu penyembuhan, dan tampilan akhir payudara Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement