Selasa 09 Sep 2014 18:00 WIB

Payudara Sehat Dari A Sampai Z (5-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Perempuan perlu mengenali payudara mereka dari A-Z demi kebutuhan kesehatan.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Perempuan perlu mengenali payudara mereka dari A-Z demi kebutuhan kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wanita memandang payudaranya bagaikan memiliki hubungan antara cinta dan benci. Ada yang bangga dan bersemangat melihat payudaranya, namun setelah beberapa tahun terlihat kesal karena bentuknya tak seindah dulu.

Ada juga yang mengeluh payudaranya sakit ketika selesai lari atau jogging. Ada juga yang terobsesi memiliki payudara besar hingga rela melakukan operasi implan.

Wanita perlu mengenali payudara mereka dari A sampai Z. Tujuannya untuk mengantisipasi jika terdapat penyakit kronis yang harus diwaspadai. Berikut panduan mengenal payudara Anda secara keseluruhan, dilansir dari Health.com, Selasa (9/9).

W : Weight (berat)

Seseorang pastinya memiliki berat badan ideal, diukur dari perbandingan tinggi tubuh dan berat badannya. Nah, wanita yang memiliki kelebihan berat badan di atas 25 kilogram dari berat badan normalnya setelah berusia 18 tahun memiliki risiko 1,5 kali lebih besar terhadap kanker payudara ketimbang wanita yang berat badannya stabil.

X : X-Rays

Radiasi dapat menyebabkan kanker. Itulah mengapa dokter mengatakan wanita yang masih muda atau anak perempuan sebaiknya menghindari X-Rays alias sinar-X. Jika Anda harus menjalankan pengobatan dengan sinar-X, maka tanyakan dokter apakah ada alternatif lain. Jika tidak, maka minimalkan dampaknya.

Y : Yoga

Pakar kesehatan sekaligus pencipta DVD 'Yoga on the Edge' menciptakan gerakan yoga khusus yang bagus untuk payudara wanita.

Pertama, mulailah dengan tangan dan lutut di atas tikat, tangan langsung di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul. Kencangkan otot pinggul Anda untuk menopang punggung bawah. Kemudian, perpanjang kaki kanan ke belakang, jari kaki melengkung dan taruh di lantai. Tubuh Anda harus berada dalam posisi garis lurus dari kepala hingga tumit. Tahan selama lima menit dan bernapas normal. Ulangi gerakan yang sama dengan kaki kiri setelahnya.

Ketika mengambil napas, turunkan tubuh Anda ke lantai. Dada dan perut Anda harus menyentuh lantai pada waktu yang sama. Ketika mengembuskan napas, dorong kembali tangan dan lutut Anda dan hembuskan. Tahan kembali ketika menghirup napas Anda, lalu buang lagi pelan-pelan. Ulangi sebanyak lima kali.

Z : Zero (Nol)

Zero alias nol adalah jumlah kasus kanker payudara yang menjadi harapan kita semua. Seluruh perempuan di dunia harus bepartisipasi untuk mengurangi jumlah penderita kanker payudara di muka Bumi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement